beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Nitrogen Cair Serta Bahayanya Bila Dikonsumsi

Hanisa Sutoyo,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Nitrogen Cair Serta Bahayanya Bila Dikonsumsi
Image: Pinterest/Yelp

Jakarta - Seorang anak berusia lima tahun dikabarkan tubuhnya terbakar beberapa hari lalu, usai memakan es asap atau ice smoke yang mengandung nitrogen cair. 

Anak berinisial AFT itu merupakan warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Ia mengalami luka bakar yang cukup serius setelah membeli jajanan ice smoke di sekitar tempat tinggalnya.

Jajanan yang dibelinya itu mengeluarkan asap, sehingga saat menyantapnya akan terlihat seperti orang yang sedang merokok. Nah, asap inilah yang merupakan hasil dari pengolahan nitrogen cair. 

Mengenal Nitrogen Cair dan Fungsinya

Nitrogen cair adalah zat yang direduksi menjadi bentuk cair. Zat yang terasa sangat dingin ini memiliki suhu mencapai -200 derajat Celcius. Pada umumnya, nitrogen cair yang masih aman kerap ditemukan terjual bebas di pasaran.

Nitrogen cair biasanya digunakan dalam prosedur medis, seperti kriopreservasi sumsum tulang, embrio awal, dan sebagai bahan tindakan medis lainnya. Zat ini juha digunakan untuk makanan dan obat-obatan. 

Karena kandungan nitrogen cair ini sangat dingin, maka dapat dengan mudah membekukan sebuah makanan secara instan. Hal inilah yang membuat nitrogen cair banyak digunakan untuk membuat es krim.

Apakah Nitrogen Cair Aman Dikonsumsi?

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengatakan bahwa nitrogen cair tidak beracun.

Namun, jika kondisinya sangat dingin, maka dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan organ dalam jika salah penanganan atau tertelan secara tidak sengaja.

FDA juga menyarankan bahwa seseorang tidak boleh menelan nitrogen cair. Namun, jika hidangan yang kamu pesan mengandung zat tersebut, maka tunggu sampai semua cairan menguap sebelum kamu mengonsumsinya.

Bahaya Nitrogen Cair saat Dikonsumsi

1. Radang Dingin

Seperti disebutkan sebelumnya, nitrogen memiliki titik didih yang sangat rendah. Jika terkena kulit, kemungkinan besar akan menyebabkan radang dingin. Kondisi ini ditunjukkan dengan keadaan kulit yang melepuh dan terlihat sangat merah, benar-benar seperti terbakar. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait