beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Mengenal Tidur Siang  ‘Qailulah’ dan Manfaatnya Buat Kesehatan

Griska Laras,
16 Juni 2022 14.49.48 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Tidur Siang  ‘Qailulah’ dan Manfaatnya Buat Kesehatan
Image: Tidur (Freepik)

Jakarta – Tidur siang telah terbukti memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Selain membuat badan lebih segar, tidur siang bisa memperbaiki mood hingga meningkatkan fokus dan memori. 

Dalam Islam, tidur siang dikenal dengan sebutan qailulah dan merupakan salah satu sunah nabi. Sebagaimana diriwayatkan hadits Ath Thabrani, Rasulullah bersabda, “Qailulah (istirahat siang) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang”.

Berikut beberapa manfaat tidur siang atau qailulah lainnya buat kesehatan.  

1. Meningkatkan Imun 

1609746544-imunitas.jpgSumber: Ilustrasi imunitas. (freepik)

Tidur siang bisa membuat imun lebih kuat terutama buat orang-orang yang sering begadang. Menurut penelitian yang dilakukan pada 2015, tidur siang bisa menurunkan kadar hormon kortisol dan norepinefrin yang tinggi akibat kurang tidur kronis. 

2. Menurunkan Tekanan Darah 

1651035748-Ilustrasi-cek-tekanan-darah-(FreepikFreepik).jpegSumber: Ilustrasi cek tekanan darah (Freepik/Freepik)

Berdasarkan penelitian American College of Cardiology Annual Scientific Session 2019, tidur siang bisa menurunkan tekanan darah hingga 5 mm Hg. Jumlah tersebut setara dengan mengonsumsi obat tekanan darah dosis rendah. 

3. Memperbaiki Suasana Hati

1614220714-bahagia-(2).jpgSumber: Ilustrasi bahagia/Pexel: Andrea Piacquadio

Ketika terlalu lama bekerja, suasana hati (mood) seseorang akan turun karena stres dan kelelahan. Tidur membantu tubuh rileks dan segar lagi. Menurut riset yang dilakukan pada 2015, qailulah juga membuat seseorang lebih kreatif, produktif, dan tidak mudah tersinggung. 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk qailulah atau tidur siang? Dokter sekaligus pendakwah Zaidul Akbar, mengatakan qailulah bisa dilakukan sebelum (qabliyah) salat zuhur atau sesudah (ba’da) salat zuhur. 

Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal sebaiknya nggak terlalu lama, sekitar 20 – 30 menit. Sebab jika berlebihan, badan malah akan terasa pusing, lelah, dan lesu. 

Tidur siang lebih dari 60 menit bisa menyebabkan insomnia. Bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian yang lebih tinggi.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait