Jakarta - Kesepian berbeda dengan sendirian. Kesepian terasa seperti menguras tenaga, mengganggu pikiran, dan membuat kita jengkel.

Kesepian bahkan bisa terjadi meskipun kita sedang berada di antara orang-orang terdekat. Tapi, apa kamu tahu kalau kesepian memiliki beberapa tipe? Cari tahu 7 tipe kesepian menurut psikolog bernama Gretchen Rubin, yang sudah Riliv rangkum untukmu yuk!

1. Berada di lingkungan baru membuatmu mengalami tipe kesepian ini

1600940523-kesepian-riliv.jpgBerada di lingkungan baru dengan orang-orang yang baru bisa membuatmu kesepian (Photo by Ali Inay on Unsplash)

Tipe kesepian yang pertama ini mungkin kamu rasakan ketika kamu berhadapan dengan lingkungan baru, contohnya pindah ke luar kota atau ke tempat kerja yang baru. Kamu tidak mengenal siapa pun di sana dan seolah tidak ada wajah yang familiar bagimu.

Yuk, coba pahami apa itu emotional intelligence, supaya kamu memahami betul perilakumu dan pengaruhnya ke orang lain, sehingga dapat lebih nyaman beradaptasi di lingkungan baru!

2. Kesepian bisa timbul ketika kamu merasa berbeda dari mereka

1600940558-kesepian.jpgMenjadi berbeda dengan yang lain membuatmu merasa sepi (Photo by rawpixel on Unsplash)

Pada tipe kesepian yang satu ini, kamu sebenarnya berada di tempat yang familiar, tetapi kamu merasa berbeda dari kebanyakan orang di sana. Sehingga, kamu pun merasa terkungkung.

Mungkin kepercayaanmu yang berbeda dengan mereka. Atau mungkin mereka suka berkegiatan di outdoor tapi lain halnya denganmu.

Kamu merasa sangat sulit untuk connect dengan mereka karena perbedaan itu sangat terasa bagimu. Kamu perlu memahami self acceptance supaya kamu bisa lebih bahagia dengan diri sendiri, Dear!

3. Jomblo atau sudah ada pasangan, kamu bisa mengalami tipe kesepian ini

Meskipun kamu punya banyak saudara dan teman, kamu merasa kesepian karena tidak punya pasangan. Pasangan yang dimaksud adalah seseorang yang memiliki ikatan romantis denganmu.

Tipe kesepian ini juga bisa terjadi pada kamu yang sudah punya pasangan, tapi tidak merasakan chemistry dengan si dia. Hmm...

4. Kesepian karena tidak punya hewan peliharaan

Tidak sedikit orang yang memiliki kebutuhan untuk 'connect' dengan hewan, lo. Kebutuhan ini tidak bisa digantikan dengan hubungan antar manusia. Mereka merasa sesuatu yang berharga telah hilang dari hidup saat hewan peliharaan mereka hilang atau mati.

5. Di kala temanmu tidak punya waktu untukmu, kesepian bisa menghampiri

1600940600-kesepian-(2).jpg"Aku punya teman, tapi seperti tidak memiliki satu pun." (Photo by Fabrizio Verrecchia on Unsplash)

Kadang kamu dikelilingi oleh orang-orang yang kelihatannya cukup ramah, tapi mereka tidak bisa menjadi teman dekatmu. Entah karena mereka sibuk dengan urusan pribadi atau mereka sudah punya banyak teman lain.

Alhasil, mereka tidak begitu tertarik untuk memiliki hubungan yang terlalu dekat denganmu.

Di lain sisi, teman-temanmu yang sekarang juga sudah tidak punya waktu untuk hang out bareng. Mungkin karena mereka sudah berkeluarga atau memiliki kesibukan yang tidak bisa ditinggal.

6. Memudarnya rasa percaya pada teman bisa membuatmu kesepian

Terkadang kamu berada pada situasi di mana kamu meragukan apakah temanmu benar-benar tulus dan baik padamu. Rasa percaya pada mereka seolah memudar.

Padahal, elemen penting dalam hubungan pertemanan adalah saling percaya.

Jadi, jika kepercayaan itu tidak ada lagi, kamu mungkin akan merasa kesepian. Meskipun, kamu masih bisa have fun sama mereka.

7. Kesepian karena kehilangan kehadiran seseorang

1600940633-kesepian-(3).jpgKehilangan seseorang yang biasanya ada di sampingmu (Photo by Grant on Unsplash)

Kamu mungkin memiliki lingkungan sosial yang aktif di kantor, atau punya banyak teman dan saudara.

Tetapi, kamu kehilangan kehadiran seseorang di rumahmu. Misalnya, kehilangan teman sekamar yang biasanya menghabiskan waktu untuk menonton TV denganmu, atau kehilangan kehadiran mamamu yang biasanya pagi-pagi sudah menyiapkan makanan di dapur.

Kesepian merupakan salah satu faktor utama penentu kebahagiaan seseorang. Jadi, penting bagi kamu untuk tahu tipe kesepian yang kamu alami agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Apabila kamu merasa kesepian, kamu bisa banget curhat ke berbagai komunitas kesehatan jiwa ini, mereka akan senantiasa menemani. Semangat, Dear!

Artikel ini ditulis oleh Amanda Permata Imamat Rajani dan merupakan kerja sama Urbanasia dengan Riliv, aplikasi kesehatan mental yang terdiri dari meditasi online dan konseling psikologi online, dan telah membantu lebih dari 150.000 pengguna agar lebih sehat mental.

Komentar
paper plane