beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Meski Tak Bergejala, Masyarakat Diminta Tetap Waspadai Polio

Fitri Nursaniyah,
25 November 2022 17.11.07 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Meski Tak Bergejala, Masyarakat Diminta Tetap Waspadai Polio
Image: Ilustrasi lumpuh karena polio. (PIXABAY/stevpb)

Jakarta - Penemuan kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh, menjadi perhatian. Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) mengingatkan bahwa penyakit ini tidak boleh disepelekan.

Memang, mayoritas kasus polio tidak menimbulkan gejala klinis pada anak, tapi perlu diingat bahwa polio ini bisa menular pada anak-anak lain.

Belum lagi, adanya ancaman lumpuh serta meningitis atau peradangan selaput otak yang membahayakan penderitanya.

"Bahayanya Kejadian Luar Biasa (KLB) polio ini adalah sebagian besar tanpa gejala, tapi nanti yang jari korban adalah anak yang lumpuh. Selalu seperti itu," ucap Ketua IDI, Piprim Basarah Yanuarso dalam konferensi pers daring, Kamis (24/11/2022).

Satu pasien lumpuh dari 200 anak yang menderita polio tidak boleh disepelekan. Sebab kehidupan semua anak berharga.

Piprim melanjutkan, anak yang lumpuh karena polio kemungkinan besar tidak bisa sembuh. Kakinya akan mengecil sehingga harus menggunakan tongkat untuk beraktivitas.

"Kalau sudah berat biasanya tidak bisa balik lagi. Banyak teman saya waktu SD pakai tongkat karena polio. Tapi, zaman anak saya SD nggak ada di kelasnya yang pakai tongkat karena sudah eradikasi polio. Apakah kita mau ke depan ini kita jumpai lagi anak-anak SD yang pakai tongkat gara-gara polio?" tutur Piprim mengutip ANTARA, Kamis (24/11/2022).

Sebagai informasi, polio disebabkan oleh virus polio yang menyebar lewat saluran pencernaan. Ada tiga tipe polio dari yang pertama hingga yang ketiga. Penularan virus polio berkaitan dengan kebersihan dan sanitasi yang buruk.

Pasien polio akan merasakan beberapa gejala seperti nyeri tenggorokan, perut tidak nyaman, demam ringan, lemas, nyeri kepala, dan ada kasus pasien mengalami lumpuh layuh akut.

Agar terhindar dari virus polio, penting bagi orang tua menanamkan perilaku hidup sehat bagi anak dan menjaga kebersihan sanitasi. Pastikan juga buah hati mendapatkan imunisasi lengkap agar terhindar dari polio. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait