beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Dicari 500 Relawan untuk Uji Klinis Vaksin Merah Putih, Ini Syarat dan Daftarnya!

Nivita Saldyni, 10 Maret 2022 22.24.36
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dicari 500 Relawan untuk Uji Klinis Vaksin Merah Putih, Ini Syarat dan Daftarnya!
Image: Vaksin Merah Putih Unair. (Dok. Humas Unair).

Surabaya – Tim Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (Unair) bakal melaksanakan uji klinis tahap 2 pada 25 Maret mendatang. Dalam uji klinis tahap 2 ini, tim Vaksin Merah Putih membutuhkan sekitar 500 relawan nih, Guys.

“Untuk fase dua kami membutuhkan 405 relawan. Cuma karena ada syarat yang harus dipenuhi (dalam screening), dibutuhkan 500 lebih relawan,” kata tim uji klinis Vaksin Merah Putih Unair, Gatot Soegiarto, seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (10/3/2022).

Ia menjelaskan pengujian Vaksin Merah Putih ini melalui sejumlah tahapan. Pertama, pengujian pada 90 relawan selama dua pekan dan tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Alhasil, Vaksin Merah Putih mendapat persetujuan dari BPOM untuk melakukan uji klinis fase dua pada 25 Maret 2022.

Nah, pada uji klinis kedua ini, tim membutuhkan 405 orang relawan. Namun tak bisa sembarangan, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi relawan dalam uji klinis tahap 2 dari Vaksin Merah Putih ini.

Syarat dan Cara Daftar Relawan Uji Klinis Tahap 2 Vaksin Merah Putih

Jika Urbanreaders berminat, ada sejumlah syarat yang dibutuhkan tim dan harus dipenuhi oleh calon relawan. Syarat itu di antaranya sebagai berikut:

1. Laki-laki atau perempuan berusia lebih dari 18 tahun

2. Bagi perempuan, sedang tidak sedang hamil

3. Tidak menderita HIV dan COVID-19

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Akan Diuji Klinis di RSUD Dr Soetomo

4. Jika memiliki riwayat komorbid boleh menjadi relawan, asal penyakit yang diderita dalam keadaan terkendali.

5. Belum pernah divaksin COVID-19.

Gatot menjelaskan calon relawan nanti akan menjalani uji screening (pemeriksaan) yang meliputi tes fisik, riwayat sakit, pemeriksaan lab, dan swab antigen atau PCR. Jika lolos, barulah diperbolehkan menjadi relawan.

“Untuk relawan yang menderita COVID-19, disembuhkan dulu. Nanti, setelah tiga bulan (negatif) boleh menjadi relawan. Untuk penyintas boleh ikut dengan jangka waktu tiga bulan dan screen (terbukti negatif COVID-19)” jelasnya.

“Dan, karena kami mengharapkan sekitar sepuluh kali kedatangan untuk diobservasi selama uji (klinis) ini, maka peserta akan mendapatkan uang transportasi,” sambungnya.

Selain mendapatkan uang transportasi setiap kunjungan, relawan juga bakal mendapatkan pengawasan fisik dan laboratorium oleh tim peneliti. Relawan juga akan masuk dalam skema PCare dan aplikasi PeduliLindungi.

Nah, kalau Urbanreaders di Jawa Timur memenuhi persyaratan tersebut dan berminat untuk menjadi relawan Vaksin Merah Putih, kamu bisa melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir di sini. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kontak person yang tersedia dalam formulir pendaftaran tersebut, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait