Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

PCR mBioCov-19 Bio Farma dan Nusantics Mampu Deteksi Varian Omicron

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
PCR mBioCov-19 Bio Farma dan Nusantics Mampu Deteksi Varian Omicron
Image: Ilustrasi Swab (Humas Pemkot Surabaya via Antara).

Bandung - PT Bio Farma berkolaborasi dengan Nusantics membuat alat uji PCR mBioCov-19 yang mampu mendeteksi virus COVID-19 varian Omicron dengan tingkat akurasi 100 persen.

“mBioCov-19 sudah tervalidasi memiliki desain akurat yang mampu mendeteksi berbagai mutasi dan yang terakhir, 100 persen dapat mendeteksi varian Omicron,” kata Direktur Utama PT Bio Farma, Honesty Basyir dikutip Urbanasia, Kamis (9/12/2021).

Honesty juga mengatakan bahwa mBiocov-19 memiliki keunggulan dalam mendeteksi varian-varian virus COVID-19.

”Tidak semua testing dapat mendeteksi mutasi secara spesifik,” kata Honesty.

Alat uji ini dikeluarkan dalam sampel swab maupun sampel kumur. Sementara teknologi yang dikembangkan oleh Nusantics dapat memprediksi arah mutasi COVID-19 dengan menggunakan helicase dan RdRp sebagai target gene, sehingga memberikan akurasi yang sangat tinggi.

“Helicase dan RdRp merupakan gen target inti dari virus SARS-CoV-2 yang membawa informasi tentang enzim penting dalam replikasi virus, sehingga meskipun virus tersebut bermutasi, dengan menguji gen target helicase dan RdRp, akan diperoleh data-data RT-PCR yang akurat terkait variant virus,” kata co-founder dan Chief Technology Officer (CTO) Nusantics, Revata Utama.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua alat uji COVID-19 yang berada di pasaran saat ini dapat mendeteksi seluruh varian virus corona. Hal ini disebabkan oleh banyaknya mutasi di daerah gen target seperti gen Nucleocapsid (N) dan gen Spike (S), yang dapat mengurangi sensitivitas dari alat uji COVID-19.

“Kemampuan riset dan teknologi untuk memprediksi mutasi virus yang digunakan cukup advanced, sehingga tidak semua perusahaan R&D memiliki kemampuan untuk mendesain dan memproduksi alat uji yang dapat mendeteksi keseluruhan varian virus yang ada dan yang akan datang,” pungkas Revata.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait