Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam dan 6 Tandanya

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pengertian Hari Kiamat Menurut Islam dan 6 Tandanya
Image: Ilustrasi hari kiamat. (Pixabay/TBIT)

Jakarta - Setiap agama punya konsep tersendiri tentang hari akhir atau hari kiamat. Begitu juga dengan agama Islam. Di bawah ini Urbanasia akan jelaskan pengertian hari kiamat serta tanda-tandanya.

Dalam agama Islam, hari kiamat adalah hari hancurnya alam semesta serta isinya. Hari kiamat ditandai dengan terdengarnya bunyi sangkakala Malaikat Israfil.

Beberapa ayat di dalam Al-Quran juga menjelaskan datangnya hari kiamat. Misalnya Al Quran surat Al A'raf ayat 187 yang bunyinya sebagai berikut:

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Yas`alụnaka 'anis-sā'ati ayyāna mursāhā, qul innamā 'ilmuhā 'inda rabbī, lā yujallīhā liwaqtihā illā huw, ṡaqulat fis-samāwāti wal-arḍ, lā ta`tīkum illā bagtah, yas`alụnaka ka`annaka ḥafiyyun 'an-hā, qul innamā 'ilmuhā 'indallāhi wa lākinna akṡaran-nāsi lā ya'lamụn

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Surat Al Hajj ayat 7 juga membahas mengenai datangnya hari kiamat. Berikut isinya:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Artinya: "Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur."

Ada 2 kiamat menurut agama Islam, yakni kiamat sugra dan kubra. Apa sih itu?

Kiamat sugra disebut juga kiamat kecil, yakni kematian manusia karena penyakit atau bencana alam. Contoh nyata kiamat sugra adalah tsunami Aceh tahun 2004 silam yang menghilangkan ratusan ribu nyawa.

Sementara kiamat kubra atau kiamat besar ialah kematian semua makhluk di bumi. Bukan hanya makhluk hidup, tapi gunung, laut, rumah atau bangunan megah juga akan musnah. Dengan kata lain, dunia dan seisinya akan musnah.

Hari kiamat kubra pasti akan datang, hanya saja tidak ada yang tahu pasti waktunya. Meski demikian sebenarnya Allah sudah menunjukkan tanda-tandanya.

Ada 6 tanda datangnya hari kiamat, yakni:

1. Munculnya Dajjal
2. Turunnya Imam Mahdi
3. Turunnya Nabi Isa 
4. Keluarnya yakjuj dan makjuj
5. Matahari terbit dari barat
6. Muncul asap selama 40 hari 40 malam

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait