Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Profil Lengkap Pebulutangkis Anthony Ginting

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Lengkap Pebulutangkis Anthony Ginting
Image: Anthony Ginting. (Dok. BWF)

Jakarta - Salah satu atlet bulutangkis ternama Indonesia adalah Anthony Sinisuka Ginting alias Anthony Ginting. Yuk, kita bahas profil Anthony Ginting.

Anthony Ginting lahir 20 Oktober 1996 di Cimahi, Jawa Barat. Ia merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Saat ini, Ginting menempati peringkat 7 dunia tunggal putra (men's single). 

Pebulutangkis dengan tinggi badan 171 cm ini mulai mengetahui bulutangkis sejak usia 5 tahun. Kemudian di usia 9 tahun, Ginting mulai ikut turnamen-turnamen bulutangkis. Setelahnya ia aktif ikut turnamen-turnamen supaya bisa seperti idolanya, yakni Taufik Hidayat.

Dan terbukti, usahanya tidak mengecewakan. Pada tahun 2013, atlet 24 tahun ini mulai ikut serta bertanding di kompetisi bulutangkis senior, seperti Vienam International Challenge, Indonesia Open Grand Prix Gold, dan Maldives International Challenge.

Setahun setelahnya, ia mengikuti kejuaraan BWF World Junior Championships dan sukses mendapat medali perunggu untuk nomor tunggal putra.

Seiring waktu, berbekal jam terbang yang banyak, permainan bulutangkisnya semakin baik. Dan ia dipercaya sebagai salah satu atlet badminton andalan Indonesia.

1634303337-anthony-ginting-2.jpgSumber: Anthony Ginting. (Dok. BWF)

Dengan kecepatan yang ia miliki, Ginting sukses mengalahkan Chen Long, atlet bulutangkis Cina yang jadi juara dunia tahun 2015, di ajang perempatfinal Australian Open 2016. Meski setelahnya ia dikalahkan oleh pemain Korea, Jeon Hyeok Jin.

Sejak saat itu, Ginting terus mengukir prestasi gemilang. Ia berhasil menjuarai turnamen Korea Open 2017. Lalu tahun 2018, pria kelahiran Cimahi ini sukses memboyong medali perak beregu putra dan medali perunggu untuk tunggal putra di ajang Asian Games 2018.

Di tahun itu juga Anthony Ginting sukses meraih juara China Open 2018 usai mengalahkan pemain kuat lainnya, yakni Kento Momota. 

Di Olimpiade Tokyo tahun lalu, Ginting juga menorehkan prestasi gemilang. Ia meraih medali perunggu usai mengalahkan atlet asal Guatemala, Kevin Cordon. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait