Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Rekso Group Dukung Pemerintah Sukseskan Vaksinasi COVID-19

Dyta Nabilah,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rekso Group Dukung Pemerintah Sukseskan Vaksinasi COVID-19
Image: Virtual media gathering Sentra Vaksinasi Rekso Group. (Dok. YRMHC)

Jakarta - Mendukung upaya pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 nasional, Yayasan Ronald McDonald House Charities (YRMHC) mengajak McDonald's Indonesia dan PT Sinar Sosro di bawah naungan Rekso Group berkontribusi mendirikan Sentra Vaksinasi. Mereka bekerja sama juga dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dalam pelaksanaan vaksinasi di wilayah Jakarta dan Tangerang.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan penting sekali bersama-sama meningkatkan cakupan vaksinasi demi bisa beraktivitas seperti sebelum COVID-19. Untuk saat ini, kasus masyarakat yang terpapar terus menurun dibanding beberapa bulan lalu. 

"Kemudian untuk situasi saat ini, alhamdulillah sudah lebih baik walaupun kita tidak boleh euforia karena situasinya belum sepenuhnya terkendali. Artinya, bisa jadi kalau kita sekarang melakukan pelanggaran dan mengabaikan protokol kesehatan, maka dalam beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan jangan sampai ada kasus meningkat lagi," jelas Dwi lewat virtual media, Rabu (18/8/2021). 

Untuk itu, YRMHC akan terus mendirikan Sentra Vaksinasi hingga akhir tahun nanti. Meskipun saat ini hanya mencakup wilayah Jakarta dan Tangerang saja, mereka juga siap jika diajak berkontribusi untuk wilayah lainnya demi pencapaian kekebalan imunitas di Indonesia.

Bersama McDonald's Indonesia dan PT Sinar Sosro, mereka sudah mendirikan Sentra Vaksinasi Sosro di Cakung, Jakarta Timur yang didirikan sejak bulan April 2021. Kemudian, terdapat juga Mini Sentra Vaksin di  Kecamatan Cengkareng, Kecamatan Johar Baru & Kecamatan Tanah Abang untuk menjangkau area-area yang belum memiliki lokasi vaksinasi.

"InsyaAllah RMHC siap membantu di daerah-daerah lain dan mungkin kita akan jalan dulu, setelah ke Tangerang Selatan kita akan jalan-jalan di daerah sekitar Jakarta," ucap Organizational Leader YRMHC, Rini T. Wardani pada Rabu (18/8/2021).

YRMHC memang sudah lama mendukung program kesehatan dan kesejahteraan anak di Indonesia. Mereka telah memberikan imunisasi untuk anak-anak ke daerah terpencil. Namun, untuk saat ini sedang fokus melakukan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat mulai dari usia 12 tahun. 
  
“Yayasan RMHC memiliki misi membentuk, mencari dan mendukung program-program peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak di Indonesia. Salah satu upaya Yayasan RMHC dalam mewujudkan misi ini adalah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan dengan mendirikan Sentra Vaksinasi di beberapa wilayah di Jakarta dan Tangerang untuk mengurangi jumlah lonjakan kasus serta memutus rantai penyebaran COVID-19 di kalangan anak dan juga dewasa," jelas Rini.

Vice General Manager Marcomm & PR PT Sinar Sosro, Devyana Tarigan menambahkan bahwa sangat antusias ketika pertama kali diajak bergabung oleh YRMHC. Kebetulan, kantor PT Sinar Sosro yang dijadikan Sentra Vaksinasi masih steril dari staf lain karena bekerja dari rumah. 

"Kebetulan area itu masih work from home sampai sekarang. Sehingga, memang kita bisa memfasilitasi itu dan syukurnya sampai sekarang masih berlangsung semuanya dengan baik. Mudah-mudahan ini bisa menciptakan rasa aman juga untuk masyarakat yang sudah divaksinasi," tutur Devyana pada Rabu (18/8/2021). 

Sebagai produsen minuman, PT Sinar Sosro juga menyediakan minuman gratis untuk pendaftar vaksin. Tak disangka, pendaftar vaksin sangat membutuhkan hal-hal kecil seperti itu selama menunggu antrean ataupun sesudah divaksin. 

"Jadi ternyata kita juga sangat surprise dengan kebutuhan yang kayaknya itu biasa, tapi itu sangat dibutuhkan yaitu minuman. Jadi memang kalau yang dibutuhkan itu minuman, kita mensupportnya dalam bentuk minuman,"  kata Devyana.

Begitu juga dengan McDonald's Indonesia yang juga punya andil besar dalam mendukung YRMHC sejak awal. Selain Sentra Vaksinasi, McDonald's Indonesia  juga mengirimkan produk makanan untuk tenaga kesehatan, relawan di berbagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19 dan Rumah Sakit Darurat COVID-19. 

"Kami juga membantu mendonasikan 100 tabung oksigen dan 150 nasal kanul untuk Rumah Sakit Darurat Nagrak. Kami juga memasang video JAKI (Jakarta Kini) di sebuah restoran McDonald's yang ada di Jakarta. Kami juga sebagai bagian dari kampanye untuk mengajak masyarakat untuk vaksin dengan memasang poster ajakan vaksin di seluruh gerai McDonald's Indonesia. Kira-kira itu support yang bisa kami lakukan untuk membantu pemerintah," ungkap Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka pada Rabu (18/8/2021). 

McDonald’s Indonesia selalu berkomitmen untuk menyebarkan kebaikan dan berkontribusi kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan mendukung setiap kegiatan diinisiasi oleh YRMHC seperti Sentra Vaksinasi. Hingga saat ini, YRMHC, McDonald's Indonesia, dan PT Sinar Sosro telah memberikan vaksin kepada lebih dari 50.000 orang.

“Saat ini, bersama dengan YRMHC dan PT Sinar Sosro, kami telah memberikan vaksin kepada lebih dari 50.000 orang, mulai dari usia remaja 12-17 tahun, lansia, tenaga didik, pekerja ekraf, hingga warga rawan dan rentan," lanjut Sutji.

Langkah Rekso Group ini pun diapresiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Diharapkan, dengan adanya Sentra Vaksinasi di berbagai wilayah ini bisa cepat mencapai target suntikan dan menjadi contoh untuk yang lainnya tergerak melakukan hal yang sama. 

“Sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah, saat ini kami mengejar jumlah masyarakat yang akan divaksin yaitu sebanyak satu juta suntikan per hari mulai bulan Juli, dan dua juta per hari pada bulan Agustus 2021. Kami mengapresiasi langkah Rekso Group terkait inisiatif dalam mendirikan berbagai Sentra Vaksinasi di berbagai wilayah Jakarta dan Tangerang," harap dr. Dwi.

Sentra Vaksinasi Sosro terbuka untuk masyarakat umum, baik yang berdomisili Jakarta maupun luar Jakarta, dan buka setiap hari Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 13.30. Masyarakat dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu via online, melalui link yang tercantum di Instagram @rmhc_indonesia atau langsung datang ke lokasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait