beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Roundup 17 Desember: Warga Korut Dilarang Ketawa hingga Final Miss World Ditunda

Urbanasia,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 17 Desember: Warga Korut Dilarang Ketawa hingga Final Miss World Ditunda
Image: Kim Jong Un mengemukakan pendapat pada Pertemuan Ketiga Komisi Militer Pusat Ketujuh (CMC) yang diperluas dari Partai Buruh Korea (WPK) dalam foto tanpa tanggal yang dirilis Minggu (22/12/2019). (ANTARA via REUTERS/KCNA)

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Jumat (17/12/2021) nih, Urbanreaders!

Kabar di antaranya, Kim Jong Un larang warga Korea Utara (Korut) tertawa, Wisma Atlet diisolasi, hingga final Miss World ditunda.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini.

1. Peringati Kematian Sang Ayah, Kim Jong Un Larang Warga Korea Utara Tertawa

1587613423-NorthKorea-KimJongUn-PlenaryMeeting-301219.jpgSumber: Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara pada Sidang Pleno ke-5 Komite Pusat ke-7 Partai Buruh Korea (WPK) pada foto tanpa tanggal yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA), Minggu (29/12/2019). (ANTARA/REUTERS/KCNA)

Dalam mengenang satu dekade meninggalnya Kim Jong Il, warga Korea Utara dilarang merusak susasana duka, termasuk tertawa atau minum alkohol selama 11 hari.

Otoritas pemerintah Kim Jong Un telah memerintahkan masyarakat untuk tidak menunjukkan tanda-tanda kebahagiaan saat Korea Utara memperingati kematian ayahnya. 

"Selama masa berkabung, kami tidak boleh minum alkohol, tertawa atau terlibat dalam kegiatan rekreasi," kata seorang warga Korea Utara dari kota perbatasan timur laut Sinuiju kepada Radio Free Asia (RFA), dikutip DailyMail, Jumat (17/12/2021).

2. Cegah Penyebaran Omicron, RSDC Wisma Atlet Diisolasi 7 Hari

1600679919-Wisma-Atlet-Kemayoran.jpegSumber: Wisma Atlet Kemayoran. (BNPB)

Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran diisolasi selama tujuh hari ke depan. Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk mengantisipasi penularan varian Omicron pada level komunitas menyusul ditemukannya pasien COVID-19 dengan varian tersebut di area itu. 

Keputusan tersebut berdasarkan rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marinves), Menteri Kesehatan (Menkes), TNI, dan Satgas Penanganan COVID-19, yang dilanjutkan dengan rapat teknis bersama kementerian lembaga terkait pada Kamis (16/12/2021). 

"Perkembangan situasi terakhir menjadikan pemerintah harus bertindak cepat mencegah terjadinya transmisi lokal virus varian Omicron. Isolasi RSDC adalah langkah yang diharapkan efektif untuk tujuan tersebut," tutur Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan tertulis yang dikutip dari ANTARA, Jumat (17/12/2021).

3. Jadi Model Remake MV NOAH ‘Yang Terdalam’, Iqbaal Ramadhan Tuai Pujian

1633931880-Iqbaal-Ramadhan.JPGSumber: Iqbaal Ramadhan (Instagram @iqbaal.e)

Band Peterpan atau yang kini berganti nama jadi NOAH menggandeng Iqbaal Ramadhan sebagai model video klip remake ‘Yang Terdalam’.

Video tersebut dibuat ulang dengan jalan cerita dan lokasi yang sama seperti aslinya. Dalam klip berdurasi sekitar 3 menit, Iqbaal yang memerankan Ariel terlihat berjalan di jalanan ibu kota. 

Bintang film ‘Bumi Manusia’ ini tampak menawan dengan rambut gondrong dan jaket cokelat serta kaos putih. 

4.  Status Gunung Semeru Naik Jadi Level 3, Ini Imbauan Badan Geologi

1638960068-rumah-terdampak-erupsi-semeru.jpgSumber: Salah satu rumah warga yang terdampak erupsi Semeru. (Dok. Humas Pemprov Jatim)

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga) sejak 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB. 

"Mengingat kegiatan Gunung Api Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran serta aliran lava maka Badan Geologi menyatakan Tingkat Aktivitas Gunung Api Semeru dinaikan dari level WASPADA (Level II) menjadi SIAGA (Level III) terhitung mulai tanggal 16 Desember 2021 pukul 23:00 WIB," ujar Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono, dikutip Urbanasia, Jumat (17/12/2021).

Untuk itu, Badan Geologi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer (km) dari puncak. Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

5. Kasus Corona Tinggi, Final Miss World 2021 Ditunda 90 Hari

1639711608-miss-world.jpegSumber: Finalis Miss World 2021. (Instagram/missworld)

Final ajang kecantikan Miss World 2021 di Puerto Rico untuk sementara waktu ditunda, mengingat kasus COVID-19 di wilayah itu meningkat.

Dalam unggahan Instagram Miss World, setelah bertemu dengan ahli virologi dan ahli medis yang disewa untuk mengawasi acara Miss World 2021 dan berdiskusi dengan Departemen Kesehatan Puerto Rico, keputusan penyelenggara pun akhirnya menunda final siaran global di Puerto Rico Coliseum Jose Miguel Agrelot dan akan kembali diadakan dalam 90 hari ke depan. 

"Untuk sementara menunda final siaran global, karena kepentingan kesehatan dan keselamatan kontestan, staf, kru, dan masyarakat umum. Final akan dijadwal ulang di Puerto Rico Coliseum Jose Miguel Agrelot dalam 90 hari ke depan," kata pihak penyelenggara dalam press rilis yang diunggah di Instagram, Kamis (16/12/2021).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait