Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 20 Desember, Bahar Smith Trending hingga UNESCO Diprotes

Urbanasia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 20 Desember, Bahar Smith Trending hingga UNESCO Diprotes
Image: Bahar bin Smith (Antara)

Jakarta - Sejumlah berita menarik terangkum di hari Senin (20/12/2021). Di antaranya video ceramah Bahar bin Smith yang diduga menyindir Kepala Staf TNI AD(KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman. 
Video itu memicu kemarahan netizen yang berujung tagar #TangkapBaharSmith menjadi trending topic di Twitter. 

Berita lainnya yaitu mengenai adik Atta Halilintar, Thariq, dengan adik mendiang Bibi Ardiansyah, Fuji yang tampak akrab dalam foto yang diposting keduanya di akun media sosial masing-masing. 
Netizen pun ramai berkomentar menjodoh-jodohkan mereka berdua. Simak rangkuman berita lainnya yang tak kalah menarik di Roundup top 5 News Urbanasia berikut ini. 

1. Habib Bahar Sindir KSAD Dudung, Tagar Tangkap Bahar Smith Trending

1639968870-Bahar-bin-smith.JPGSumber: Bahar bin Smith (Antara)

Bahar bin Smith kembali menjadi sorotan usai menyindir Kepala Staf TNI AD(KSAD), Jenderal Dudung Abdurachman dalam sebuah ceramah yang membahas erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur yang belum lama ini terjadi.

"Mana kok gak kelihatan di Semeru? Gak kelihatan congornya. Mana yang kemarin nurunin balihonya Habib Rizieq? Mana Jenderal Baliho? Mana yang kemarin ngomong bubarkan saja FPI, kok gak kelihatan di Semeru? Hah? Mana kok gak kelihatan di Semeru? Kok gak ada poster dia di sana? Kok yang ada baliho-baliho Habib Rizieq di Semeru, kemanusiaan, bantu masyarakat," kata Bahar dalam video ceramahnya. 

Bahar juga membahas Organisasi Papua Merdeka (OPM) dan memberikan respons terhadap pernyataan Dudung terkait hal tersebut.

"OPM dibilang saudara. Dudung, dudung.. giliran sama ormas Islam galak. Sama OPM yang jelas-jelas teroris, separatis ‘itu saudara kita’," kata Bahar.

Ceramah itu pun sontak mengundang respons netizen yang meminta agar TNI dan Polri segera ambil sikap tegas dan menangkap Bahar Smith. #TangkapBaharSmith menjadi trending topik di Twitter pada Senin (20/12/2021).

2. Masukkan Songket ke Daftar Warisan Budaya Non-benda Malaysia, UNESCO Diprotes

1639976789-images-(3).jpegSumber: Ilustrasi Songket (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/ama)

UNESCO resmi memasukkan songket dalam daftar Warisan Budaya Non-benda milik Malaysia. Penetapan ini menuai polemik dari masyarakat Indonesia, mengingat songket juga dimiliki oleh Indonesia. Netizen Indonesia pun langsung menyerbu akun instagram UNESCO dalam kolom komentarnya dengan tagar #songketfromindonesia.

Malaysia sudah mengajukan songket ke dalam UNESCO sejak Maret 2020. Meskipun demikian, dalam sebuah penelitian dijelaskan songket ini memiliki kaitan dengan Kerajaan Sriwijaya dan hingga kini masih dipakai oleh orang Palembang serta etnis Melayu secara umum. Sementara itu di laman UNESCO, terdapat penjelasan mengenai songket yang berasal dari Malaysia.

"Songket adalah kain tenun tangan tradisional Malaysia yang dibuat oleh wanita di Semenanjung Malaya dan Sarawak," begitu tulisan di laman UNESCO.

3. Elkan Baggott, Bek Timnas yang Berhasil Cetak Gol Lawan Malaysia 

1639987665-elkanbaggott.pngSumber: Elkan Baggot (Instagram: @elkanbaggott)

Minggu malam (19/12/2021), Tim Sepak Bola Indonesia merayakan kemenangan atas musuh bebuyutan, Malaysia, dengan skor 4-1. Salah satu gol Timnas dicetak oleh Elkan Baggott yang memiliki keturunan Inggris dari ayahnya dan Indonesia dari Ibunya. 

Selain karena penampilannya saat tanding lawan Malaysia, Elkan Baggot juga menjadi bahan perbincangan di media sosial dan bahkan dibanding-bandingkan dengan Rachel Vennya, selebgram Indonesia yang tidak penjara atas pelanggaran karantinanya. Netizen menganggap bahwa Elkan jauh lebih baik dibandingkan Rachel Vennya karena dirinya tidak melanggar aturan karantina dan bisa berprestasi.

4. Kebijakan Ganjil Genap di Empat Ruas Tol Selama Nataru Dibatalkan 

1596513088-ilustrasi-jalan-tol.jpgSumber: Ilustrasi jalan tol (Flickr)

Kebijakan kendaraan ganjil genap pada libur Nataru 2022 di empat ruas jalan tol batal diberlakukan. Kebijakan ini awalnya untuk menekan penyebaran COVID-19. Keempat ruas jalan tol tersebut adalah Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kranci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Namun, pihak Dirlantas Polda Metro Jaya tidak membeberkan terkait alasan aturan ganjil genap tersebut dibatalkan, karena kebijakan tersebut dibawah kewenangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

5. Thariq Halilintar dan Fuji Pamer Kedekatan, Netizen Jodohkan Keduanya 

1639976151-IMG-20211220-WA0033.jpgSumber: Thariq Halilintar dan Fuji (TikTok @fujiiian)

Kedekatan Thariq Halilintar dan Fuji, adik ipar dari mendiang Vanessa Angel tengah menjadi pembicaraan publik. Akhir-akhir ini keduanya semakin sering memposting kebersamaannya di akun media sosial masing-masing.

Netizen pun heboh. Tak sedikit yang menjodoh-jodohkan keduanya. Namun hingga saat ini, Thariq sendiri dikabarkan sudah memiliki kekasih, yaitu Chandrika Chika. Sementara Fuji diketahui masih belum memiliki pacar.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait