Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 28 November, Mobil Lawan Arah di Tol Hingga Final Indonesia Open

Urbanasia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 28 November, Mobil Lawan Arah di Tol Hingga Final Indonesia Open
Image: Marcus-Kevin juara Indonesia Open 2021 (Foto: instagram @bwf.official)

Jakarta  --  Hari Minggu terakhir di bulan November terdapat sejumlah berita menarik untuk Urbanreaders simak. Di antaranya yaitu tentang kecelakaan yang terjadi di ruas tol JORR Cikunir. Penyebabnya adalah sebuah mobil yang melaju melawan arah. Setelah diperiksa, polisi menduga pengemudinya mengidap demensia, sebuah kondisi medis yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan fungsi otak. 

Berita menggembirakan datang dari lapangan Indonesia Open 2021 di mana pasangan ganda putri Greysia-Apriyani meraih juara II dan ganda putra Kevin-Marcus meraih juara I. Keduanya melawan wakil Jepang di Bali International Convention Center. Simak berita menarik lainnya yang terangkum dalam Roundup Top 5 News Urbanasia berikut ini. 

1. Bambang Soesatyo Alami Kecelakaan saat Rally di Meikarta Bersama Sean Gelael 

1638069259-Bambang-Soesatyo-(Bamsoet).jpgSumber: Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Instagram @bambang.soesatyo)

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengalami kecelakan saat turut serta dalam Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Bekasi, Sabtu (27/11/2021) kemarin. Kala itu, Bamsoet duduk sebagai navigator. Sementara pengemudinya adalah Sean Gelael. Mereka menaiki kendaraan Citroen C3 R5. 

Meski mengalami kecelakaan, baik Bamsoet maupun Sean mengaku dalam kondisi yang baik-baik saja. Dari video di akun Instagram Bamsoet terlihat bahwa mobil yang ditumpangi Bamsoet dan Sean sempat dua kali terbalik sebelum jatuh terhempas. 

2. Mobil Mercy Lawan Arah di Tol, Sopir Diduga Alami Demensia 

1638086541-tabrakan.pngSumber: Tabrakan Beruntun Akibat Mobil Mercy Lawan Arah di Tol JORR Cikunir. (HO-Ditlantas Polda Metro Jaya via ANTARA)

Viral video di media sosial yang memperlihatkan mobil Mercedes-Benz (Mercy) melaju melawan arah di Tol JORR Cikunir, Sabtu (27/11/2021). Akibat melawan arus, mobil Mercy itu menabrak dua mobil lainnya. Salah satu sopir dari kedua mobil yang ditabrak mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Pondok Kopi. 

Polisi mengungkap identitas pengendara mobil Mercy yang melawan arah di Tol JORR Cikunir berinisial MSD. Diduga pelaku melawan arah karena mengalami kondisi penyakit demensia atau penurunan fungsi otak untuk berpikir. Menurut dia, dengan kondisi tersebut pihaknya sampai saat ini masih belum menetapkan MSD sebagai tersangka. Pihak kepolisian masih menunggu MSD kembali dalam keadaan normal untuk menentukan status hukumnya.

3. Kalahkan Jepang, Marcus/Kevin Juara Indonesia Open 2021 

1638093684-Ganda-putra-unggulan-Indonesia,-Marcus-Fernaldi-GideonKevin-Sanjaya-Sukamuljo,-juara-Indonesia-Open-2021-(Instagram-badminton.ina).jpegSumber: Ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, juara Indonesia Open 2021 (Instagram/badminton.ina)

Ganda putra unggulan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, berhasil menjuarai Indonesia Open 2021 setelah taklukan wakil Jepang di babak final, Minggu (28/11/2021). Dilansir dari BWF Score, Marcus/Kevin berhasil memenangkan pertandingan atas Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam dua game langsung dengan durasi hanya 38 menit. 

Sedangkan ganda putri unggulan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu harus rela ditaklukan oleh wakil Jepang dan akhirnya meraih posisi runner up. Greysia Polii/Apriyani Rahayu kalah dalam dua game langsung melawan wakil Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida dengan durasi pertandingan 65 menit. 

4. Cegah Varian COVID-19 Omicron, RI Larang Masuk Pendatang dari 8 Negara

1608267520-Ilustrasi-Bandara.jpgSumber: Ilustrasi bandara. (Instagram @angkasapura2)

Pemerintah membatasi sementara warga negara asing (WNA) yang pernah tinggal atau berkunjung dari Afrika Selatan masuk ke Indonesia guna mencegah COVID-19 varian baru, Omicron. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nomor IMI-0269.GR.01.01 Tahun 2021 yang mulai efektif berlaku 29 November. 

Selain Afrika Selatan, dalam SE tersebut pemerintah juga melarang masyarakat luar negeri yang berasal dari Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini dan Nigeria berkunjung ke Indonesia.
Tak hanya itu, pemerintah pun menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini dan Nigeria.

5. Mulai Berlaku 2022, Kendaraan Tak Perlu Berhenti untuk Bayar Tol 

1638080093-WhatsApp-Image-2021-11-28-at-10.35.32.jpegSumber: ilustrasi jalan tol (Foto: Instagram/@pupr_bpjt)

Sistem tol nirsentuh nontunai dengan basis Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal mulai diterapkan pada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali pada akhir tahun 2022. Dengan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), pengguna jalan tol akan bertransaksi melalui aplikasi khusus jalan tol yang terdapat pada smartphone. 

GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan melalui central system. Ketika kendaraan keluar tol dan proses map-matching telah selesai, sistem akan melakukan kalkulasi tarif. Jadi jika sistem ini sudah berjalan, pembayaran tol tidak perlu lagi berhenti dan kendaraan bisa terus berjalan seperti biasa.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait