beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Roundup 8 November: Fenomena Gerhana Bulan Total hingga Perpanjangan PPKM

Shelly Lisdya,
9 November 2022 20.50.13 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 8 November: Fenomena Gerhana Bulan Total hingga Perpanjangan PPKM
Image: Ilustrasi - Fenomena Gerhana Bulan Total. (Dok, BMKG)

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Selasa (8/11/2022) nih, Urbanreaders! di antaranya, fenomena astronomi gerhana bulan total (GBT) terjadi pada hari ini, 8 November 2022.

Kemudian mengenai, sebanyak 17 pimpinan negara akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, hingga perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 21 November 2022.

Nah, biar nggak penasaran, berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini!

1. Terjadi Hari Ini, Gerhana Bulan Total Aman Disaksikan dengan Mata Telanjang

1667291960-gerhana-bulan-total-2022.jpgIlustrasi - Fenomena Gerhana Bulan Total. (Dok, BMKG)

Fenomena gerhana bulan total (GBT) yang akan terjadi pada hari ini, 8 November 2022, aman disaksikan dengan mata telanjang.

Seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu, dapat melihat puncak gerhana bulan total pada pukul 18.00 WIB.

“Masyarakat dapat menyaksikan dengan mata kepala, tanpa alat khusus, tidak seperti gerhana matahari yang menggunakan filter,” ujar peneliti Pusat Riset Antariksa Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Andi Pangerang, mengutip ANTARA, Selasa (8/11/22).

Baca Selengkapnya: Terjadi Hari Ini, Gerhana Bulan Total Aman Disaksikan dengan Mata Telanjang

2. Jokowi Sebut 17 Kepala Negara Akan Hadir di KTT G20

1667900174-jokowi-di-bali.pngPresiden Jokowi saat melakukan peninjauan ke Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, pada Selasa, 8 November 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia siap untuk menerima para tamu dan menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pada 25-16 November 2022 di Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi usai meninjau sejumlah tempat yang akan menjadi pertemuan KTT G20.

"Jadi ini sudah H-7, saya sudah cek dari pagi tadi sampai titik-titik yang paling kecil sudah kita cek semuanya dan saya ingin menyatakan kita siap menerima tamu-tamu G20," kata Jokowi, Selasa (7/11/2022).

Baca Selengkapnya: Jokowi Sebut 17 Kepala Negara Akan Hadir di KTT G20

3. Soal Izin Konser BLACKPINK dan Raisa, Pihak GBK: Masih Dipertimbangkan

1661746915-blackpink-mtv.jpgPenampilan BLACKPINK di MTV Video Music Awards 2022. (Dok. MTV)

Pihak pengelola Stadion Gelora Bung Karno (GBK) masih mempertimbangkan izin konser penyanyi Raisa hingga girl group Korea Selatan, BLACKPINK yang rencananya akan digelar tahun depan.

Direktur Utama Stadion GBK, Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan, pertimbangan tersebut merujuk pada pengeluaran kegiatan renovasi stadion dengan menggunakan dana sendiri.

"(Soal Konser Raisa dan BLACKPINK) Masih dipertimbangkan dan semoga itu bisa terlaksana dengan baik," kata Rakhmadi kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

4. BPOM Cabut Sertifikat CPOB 3 Perusahaan Farmasi terkait Etilen Glikol

1666101191-obat-sirup.jpgIlustrasi - pemberian obat sirup. (freepik.com/freepik)

Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dicabut dari tiga perusahaan farmasi di Indonesia oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini karena ketiga perusahaan tersebut terbukti menggunakan bahan baku senyawa kimia yang melebihi ambang batas.

Melansir ANTARA, Selasa (8/11/2022), menurut keterangan tertulis dari laman BPOM RI yang dikonfirmasi oleh Noorman Effendi, Biro Kerja Sama dan Humas BPOM, pencabutan sertifikat CPOB tersebut adalah bagian dari sanksi administrasi.

Ketiga perusahaan yang menerima sanksi di antaranya PT Yarindo Farmatama, PT Universal Pharmaceutical Industries dan PT Afi Farma.

Baca Selengkapnya: BPOM Cabut Sertifikat CPOB 3 Perusahaan Farmasi terkait Etilen Glikol

5. Perpanjangan PPKM hingga 21 November: Prokes dan Booster Kembali Digalakkan

1644834886-PPKM.jpgPPKM Jawa-Bali (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menggalakkan protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi penguat (booster) COVID-19 pada perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh daerah di Indonesia.

"Galakkan kembali penerapan protokol kesehatan di masyarakat, memaksimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi, dan tidak kalah penting adalah terus dorong vaksinasi dosis ketiga atau booster," kata Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal, mengutip ANTARA, Selasa (8/11/22).

Seperti diketahui, kasus harian COVID-19 akhir-akhir ini mengalami kenaikan khususnya di Jawa dan Bali, bahkan di awal November tercatat 5.000 kasus aktif.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait