menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 30 April 2021

Urbanasia,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 30 April 2021
Image: BTS tampil di MTV Unplugged/Big Hit Entertainment

Jakarta - Di penghujung April ada berita tentang pengamanan Hari Buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei. Menurut Polda Metro Jaya, akan ada sejumlah tempat di Jakarta yang akan diramaikan oleh aksi buruh. Di mana saja lokasi itu?

Menjelang lebaran, kepolisian juga makin gencar melakukan pengamanan terkait mudik. Kali ini yang diamankan adalah 115 travel gelap yang menawarkan jasa lewat media sosial. Nah daripada ikut terjaring pengamanan polisi, lebih baik patuhi larangan mudik dari pemerintah ya, guys.

Untuk berita lain yang lebih lengkap, silakan Urbanreaders simak Roundup Top 5 News di bawah ini.

1. Polisi Siapkan 6.394 Personel Gabungan Kawal Hari Buruh Besok 

1605165212-Yusri-Yunus.jpgSumber: Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Sumber: Tribratanews Polri

Bersama TNI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Polda Metro Jaya telah menyiapkan 6.394 personel gabungan untuk mengawal jalannya aksi buruh pada Hari Baru Internasional (May Day), Sabtu (1/5/2021) besok.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan personel gabungan tersebut akan disebar di sejumlah titik pusat aksi buruh digelar. Polisi juga telah menerima surat pemberitahuan bahwa sejumlah aksi buruh akan digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Mahkamah Konstitusi (MK) dan kantor ILO, Jakarta Pusat.

2. Pasang Tarif Tinggi, 115 Travel Gelap Diamankan Polda Metro Jaya  

1619752143-polri-telusuri-travel-gelap-penyedia-jasa-mudik-sampai-ke-medsos.jpgSumber: Ratusan travel gelap diamankan Ditlantas Polda Metro Jaya, Kamis (29/4/2021). (Dok. Humas Polri)

Ditlantas Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 115 kendaraan travel gelap yang menawarkan jasanya lewat media sosial. Terdiri dari 64 unit minibus atau elf dan 51 mobil penumpang perorangan, mereka tertangkap saat hendak membawa penumpang ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Lampung. 

Sebagian mereka merupakan hasil patroli siber Ditlantas Polda Metro Jaya guys. Sebab diketahui bahwa sebagian dari mereka mengiklan di media sosial, seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Mereka juga diketahui telah memasang tarif dua kali lipat dari tarif umum. Bahkan juga menjanjikan untuk mengantarkan langsung sampai ke kampung halaman si penumpang. 

3. Terjadi Lonjakan Kasus COVID-19, Kemenkes: Menjadi Alarm Kita 

1599819193-09-43-23-covid-19-4908692--480.jpgSumber: Ilustrasi Covid-19. Sumber: Pixabay

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) baru saja mengumumkan terjadinya tren peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia selama beberapa waktu terakhir. Padahal sejak awal Februari hingga Maret 2021, tren kasus COVID-19 di Indonesia sudah mulai menurun. 

Biasanya jumlah kasus kita itu antara di bawah 5.000, 4.000, atau paling sedikit 5.500. Kemarin (29/4/2021) angkanya melonjak sebanyak 5.833 kasus. Artinya ada tambahan sebanyak 600 kasus. Nah ini tentunya menjadi alarm kita,” kata Nadia Wiweko, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes. 

Parahnya lagi, peta zonasi COVID-19 di Indonesia juga kembali memburuk. Menurut catatan Kemenkes sebelumnya hanya ada 6 kabupaten/kota di Indonesia dengan risiko tinggi, kini meningkat menjadi 19 kabupaten/kota. 

4. Pengamat Militer: Ada Mafia Bisnis dalam Sistem Pertahanan Indonesia 

1619762374-connierahakundinibakrie.JPGSumber: Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. (Instagram @connierahakundinibakrie)

Peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402 mencuatkan kembali isu mafia bisnis alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI. Hal ini diungkapkan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie. Connie bahkan menyebut sosok berpengaruh di balik ini semua sebagai 'Mister M'. Connie enggan membocorkan lebih jauh kepada publik terkait sosok tersebut.

Terkait KRI Nanggala-402, ia menyebut ada masalah dalam audit MRO (maintenance, repair, overhaul). Jika menurut hasil laporan terakhir, maka Connie menilai kapal tersebut seharusnya tidak bisa beroperasi. Jika Indonesia benar-benar ingin memperbaiki permasalahan alutsista demi sistem pertahanan TNI kita sekaligus menyesuaikan dengan peta jalan atau roadmap yang ada, maka mafia-mafia ini seharusnya segera disingkirkan.

"Pemain-pemain yang gak perlu itu out," pungkasnya.

5. BTS Masuk 4 Nominasi Billboard Music Awards 2021 

1614154054-bts3.jpgSumber: BTS tampil di MTV Unplugged/Big Hit Entertainment

Boyband Korea BTS kembali masuk nominasi Billboard Music Awards (BBMA). Untuk tahun 2021 ini mereka terdaftar sebagai nominasi di 4 kategori yaitu, Top Social Artist, Top Duo/Group, Top Song Sales Artist dan Top Selling Song.

BTS akan bersaing dengan 2 idol group Korea Selatan lain dalam kategori Top Social Artist tahun ini, BLACKPINK dan Seventeen. Billboard Music Awards 2021 akan disiarkan langsung di NBC TV pada 23 Mei pukul 8 waktu setempat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait