menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 5 Mei 2021

Urbanasia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 5 Mei 2021
Image: Pemerintah Arab Saudi merilis sejumlah foto baru Hajar Aswad di Kakbah dengan resolusi tinggi. (Twitter @ReasahAlharmain)

Jakarta - Sejumlah berita menarik terangkum tanggal 5 Mei 2021. Di antaranya adalah perpanjangan PPKM Mikro di 30 provinsi sampai 17 Mei nanti. Hal ini juga terkait kebijakan peniadaan mudik demi menekan laju penyebaran COVID-19.

Dari ruang sidang kasus korupsi dana bansos, seorang saksi mengungkapkan bahwa uang hasil korupsi ternyata juga dipakai untuk karaokean. Dan dari lapangan sepakbola, ada kabar tentang Jose Mourinho yang ditunjuk AS Roma sebagai pelatih. Apakah Mourinho akan segera memulai tugas barunya?

Penasaran info lengkapnya? Ini dia Roundup Top 5 News Urbanasia hari ini.

1  PPKM Mikro Diperpanjang, Cakupan Diperluas hingga 30 Provinsi  

1608259854-jubir-satgas-covid-19.jpgSumber: Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito. (Istimewa)

Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro kembali diperpanjang mulai 4 - 17 Mei 2021. Total ada 30 provinsi yang akan ikut serta menerapkan PPKM Mikro dalam perpanjangan kali ini. Termasuk penambahan 5 provinsi yaitu Kepulauan Riau, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengingatkan agar masyarakat mematuhi kebijakan peniadaan mudik. Wiku juga berharap agar pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah menyamakan narasi terkait kebijakan peniadaan mudik ini. Dengan begitu, masyarakat dapat memahami dengan baik dan mematuhinya.

"Tentunya kebijakan peniadaan mudik ini akan berjalan efektif apabila pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki suara yang sama," pungkasnya. 

2. Pegawai Kemensos Sebut Uang Korupsi Bansos COVID-19 Dipakai buat Karaokean

1607320585-uang-suap-mensos.jpegSumber: KPK saat menggelar konferensi pers terkait dugaan kasus suap dan Bansos COVID-19, Minggu (6/12/2020) (Tangkapan layar YouTube KPK RI)

Robin Saputra, pegawai Kementerian Sosial (Kemensos) yang menjadi saksi di sidang kasus korupsi bantuan sosial (bansos) COVID-19 mengungkapkan bahwa uang hasil korupsi juga digunakan untuk karaokean tim Kemensos. Di persidangan, Robin juga mengaku kalau dirinya menerima uang sekitar Rp86 juta dari tersangka Matheus Joko Santoso yang merupakan atasannya. 

Uang Rp 86 juta itu diberikan secara bertahap dengan nominal tertinggi Rp35 juta per satu kali transaksi. Seperti Matheus, Robin menyebut tersangka Harry Sidabukke, konsultan hukum yang menyuap Mensos Juliari Batubara, juga memberikan 'uang lelah' pada tim teknis bansos. 

3. Sama-sama Aman Digunakan, Ini Bedanya Vaksin Astrazeneca dan Sinovac  

1616396248-Vaksin-AstraZeneca.jpgSumber: Vaksin AstraZeneca yang dikembangkan Inggris. (31/10/2020). (ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/pri.)

Badan POM dan WHO sudah merilis Emergency Use Listing atau surat Izin Penggunaan Darurat vaksin Astrazeneca. Dokter Prima Yosephine, Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, menyatakan, "Sampai kemarin, sudah sudah 1.010.711 juta dosis vaksin Astrazeneca yang kita pakai." 

Jika dibandingkan dengan vaksin Sinovac, dr. Prima mengungkapkan perbedaannya hanya di interval pemberian vaksin yang sampai 12 minggu. Produk vaksin Astrazeneca sendiri sudah mencantumkan peringatan kehati-hatian penggunaannya pada orang dengan trombositopenia dan gangguan pembekuan darah. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) memang mungkin dialami penerima vaksin, namun gejalanya tergolong ringan, seperti demam dan pegal-pegal. 

4. Perdana, Arab Saudi Rilis Foto Hajar Aswad dengan Resolusi Tinggi 

1620188086-hajar-aswad.jpgSumber: Pemerintah Arab Saudi merilis sejumlah foto baru Hajar Aswad di Kakbah dengan resolusi tinggi. (Twitter @ReasahAlharmain)

Pemerintah Arab Saudi merilis foto close-up Hajar Aswad atau Black Stone di Kakbah dengan resolusi tinggi untuk pertama kalinya pada Senin, (3/5). Melansir Alarabiya News, batu Hajar Aswad difoto selama tujuh jam untuk menghasilkan satu gambar dengan resolusi tertinggi. Gambar berukuran hingga 49 ribu megapiksel tersebut membutuhkan waktu 50 jam untuk proses editing.

Hajar Aswad merupakan sebuah batu yang diyakini umat Muslim berasal dari surga. Ditemukan pertama kali oleh Nabi Ismail dan diletakkan oleh Nabi Ibrahim. Umat Muslim percaya bahwa Hajar Aswad diturunkan langsung dari surga dan diberikan kepada Nabi Ibrahim oleh malaikat Jibril. Batu itu diletakkan di dalam lapisan perak murni dan terletak di sudut Kakbah, sekitar satu setengah meter dari tanah.  

5. Jose Mourinho Jadi Pelatih Baru AS Roma 

1620219860-twitter-E0jGoRQWYAEYxri.jpgSumber: Jose Mourinho kini melatih AS Roma, klub rival Inter Milan (twitter @championsleague)

Klub sepakbola AS Roma menunjuk Jose Mourinho sebagai pengganti Paulo Fonseca. Pengangkatan Mourinho jadi bukti ambisi besar Roma kembali ke papan atas. 

Mourinho punya CV luar biasa sebagai manajer, termasuk saat membawa Inter Milan merajai Serie A pada 2009 dan 2010. Pelatih asal Portugal itu dikontrak Roma sampai 2024 dan mulai bekerja per 1 Juli 2021.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait