Hot News

Jakarta - Indonesia tengah bersiap untuk memasuki era kenormalan baru atau 'New Normal' karena adanya pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai. Masyarakat pun kini sudah mulai terbiasa melakukan aktivitas dengan gaya baru termasuk soal belajar ya, guys.

Dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, sekolah-sekolah di beberapa zona merah diliburkan namun para siswa tetap melakukan kegiatan belajar dengan sistem online atau online learning.

Nah, sebentar lagi tahun ajaran baru sudah di depan mata namun kondisi untuk kembali merasakan bangku sekolah nampaknya belum memungkinkan. Apalagi, belum ada instruksi resmi dari Pemerintah untuk kembali ke sekolah termasuk wilayah Jakarta.

Tapi, rupanya aktivitas online learning yang sering dianggap 'membosankan' justru memiliki sejumlah manfaat loh, guys!

Seperti yang diungkapkan oleh Kristina, Director of Studies Yayasan Pendidikan Mulia Bakti (YPMB).

“Kami sangat memahami bahwa banyak Orang Tua murid khawatir untuk menyekolahkan anaknya di masa pandemi COVID-19, namun belajar melalui sistem online tetaplah yang terbaik pada masa pandemi ini. Waktu tetap berjalan dan tidak dapat berputar kembali. Berdasarkan penelitian manfaat anak tetap bersekolah lebih banyak dari pada kekurangannya”, tutur Kristina dalam keterangan resmi Saint Monica Jakarta School yang diterima Urbanasia, Selasa (30/6/2020).

Nah, untuk para orang tua yang ragu akan penerapan online learning  di era 'New Normal', yuk simak berbagai manfaatnya, seperti:

1. Kapasitas belajar siswa lebih banyak ketimbang di sekolah

1593503582-online-learning-3.jpgSumber: Pixabay

Diterapkannya online learning mampu memberi siswa kendali penuh atas pembelajaran mereka sendiri, siswa dapat bekerja dengan kecepatan mereka sendiri.

Nah umumnya, siswa bekerja lebih cepat dan memproses informasi dengan kapasitas lebih besar. lnilah mengapa online learning lebih baik dilakukan dengan periode belajar yang lebih pendek daripada ketika di kelas agar anak tidak lelah.

2. Membantu menjaga perilaku dan disiplin siswa agar tetap baik dan teratur

1593503610-online-learning-2.jpgSumber: Pixabay

Kristina menjelaskan, sama halnya seperti bersekolah, online learning memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menjaga perilaku baik melalui interaksi sosial dengan guru dan teman-teman.

Selain itu  guys, sistem ini juga dapat menjaga sikap bertanggung jawab ketika diminta mengerjakan tugas-tugas dari guru. Sehingga, menghindari sikap malas dan acuh tak acuh selama pandemi panjang berlangsung.

3. Menjaga otak anak tetap berkembang

1593503643-learning.jpgSumber:Pixabay

Dengan bersekolah secara online, siswa akan melatih otaknya secara optimal dan terarah setiap harinya serta  tetap produktif menciptakan akar-akar di sel otak sehingga intelejensi anak tetap berkembang sesuai dengan umurnya.

"Orang tua perlu khawatir bila anak vakum sekolah, maka bukan saja perkembangan anak melambat bahkan dapat terjadi kemunduran. Perkembangan intelejensi anak ini tercipta atas interaksi kompleks sehari-hari, bukan saja akademis semata," ujar Kristina.

4.  Menjaga rutinitas anak bersekolah tetap terjaga

1593503674-home-learning.jpgSumber: Pixabay

Sama halnya dengan disiplin, anak tentunya memiliki jadwal atau rutinitas mereka di setiap harinya di mana ada saatnya belajar, bermain, tidur, makan, memakai seragam, dan sebagainya.

Online learning hadir untuk membantu anak menjaga rutinitas ini tetap berjalan dengan semestinya. Hal ini akan sangat membantu anak untuk hidup secara normal seperti sebelum pandemi, tidak terlalu banyak bermain yang berujung pada kebosanan selama pandemi panjang berlangsung.

5.  Melatih kemampuan motorik dan koordinasi

1593503781-home-learning-2.jpgSumber:Pixabay

Online learning hadir untuk meningkatkan keterampilan anak dalam segala bidang, juga dalam hal meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar anak melalui menulis dan permainan seperti menuang air, menyusun stik es krim, dan lain-lain tetap berjalan dengan baik.

Selain itu, juga melatih koordinasi mata anak seperti membaca dan melihat instruksi guru untuk ditiru, dan lain-lain. Orang tua tentunya ingin anak mempunyai keterampilan dalam hal menulis dan membaca yang juga dibutuhkan oleh setiap anak, khususnya bagi anak yang akan melanjutkan ke jenjang SD.

6. Anak akan tetap bahagia

1593503808-anak-anak.jpgSumber: Pixabay

Siswa yang tetap mengikuti sekolah secara online akan lebih bahagia daripada anak berhenti bersekolah sama sekali loh, Urbanreaders.

Jika berhenti atau bahkan harus pindah ke sekolah baru dengan teman yang berbeda dan guru yang baru, anak malah harus beradaptasi ulang dan menerima lingkungan baru.

7. Mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak

1593503953-anak-belajar.jpgSumber: Pixabay

Melalui sekolah online, gangguan tumbuh kembang seperti misalnya belum dapat mengenali warna, susah memegang gunting, terlambat bicara, belum dapat melompat justru dapat lebih cepat terdeteksi.

Sebaiknya, orang tua waspada dengan gangguan-gangguan in karena sangat berpengaruh untuk perkembangan anak di masa depan dan akan sangat sulit untuk mengoreksinya jika terlambat diketahui.

8. Mengenali potensi lewat online learning

1593503980-bermain.jpgSumber: Pixabay

Orang tua akan lebih mudah mengenali potensi anak jika anak mengikuti sekolah sehari-hari dan dapat mengarahkannya dengan tepat sasaran dan tepat waktu.

Beberapa potensi yang bisa dilihat seperti linguistik, musical, logical, body kinestetik, moral, interpersonal dan visual spasial.

9. Kebersamaan orang tua dan anak

1593504005-orang-tua.jpgSumber: Pixabay

Jika bukan karena pandemi, tentunya kenangan-kenangan indah belajar bersama ibu dan ayah setiap hari tidak akan ada. Walaupun menurut sebagian orang tua kebersamaan tersebut melelahkan, namun dalam kaca mata anak justru saat yang terindah yang tidak ia lupakan ketika besar nanti loh, guys.

Selama masa Pandemi ini, Saint Monica Jakarta School dan Growing Mind Preschool menjadi salah satu sekolah yang mendukung serta memfasilitasi para siswanya untuk belajar di rumah dengan menyediakan sesi online learning, guys.

Dalam sesi online learning, sekolah tersebut menyiapkan semua materi yang diperlukan. Materi-materi yang telah disiapkan ini didukung dengan materi bahasan berupa video-video eksperimen.

Semangat ya untuk adik-adik yang tetap harus melaksanakan online learning!


Loading ..