beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Shockbreaker Motor Bermasalah? Berikut 5 Tips Merawatnya

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Shockbreaker Motor Bermasalah? Berikut 5 Tips Merawatnya
Image: Pinterest/gettinlow

Jakarta - Semua komponen pada motor harus dirawat dengan baik agar tidak menimbulkan sejumlah masalah tertentu ya, Urbanreaders. Salah satu komponen yang sangat penting adalah shockbreaker.

Komponen berdaya pegas ini berfungsi sebagai peredam getaran atau goncangan dari motor yang beradu dengan jalanan, terlebih jika kondisi jalan tidak rata nih. Sebab, bila tidak ada peredam getaran, pengendara akan merasa kurang nyaman selama di perjalanan. 

Karena itu, simak tips dari Honda berikut ini untuk merawat shockbreaker.

1. Hindari Rute yang Tidak Rata

1658315328-Ilustrasi-jalanan-rusak.jpegSumber: Pinterest/Jytte Isake

Pemilihan rute yang tepat akan sangat berpengaruh pada kesehatan motor kamu loh. Jika kamu memilih jalan yang berbatu, tentunya kamu harus siap dengan risiko motor akan lebih cepat rusak. Hal ini berlaku juga pada shockbreaker ya.

Komponen ini akan bekerja lebih ekstra saat kamu melewati jalanan rusak. Jika hal itu terjadi, tentunya bisa membuat performa shockbreaker motor kamu cepat menurun.

2. Jangan Mengebut di Jalanan Kurang Rata

Jika memang tidak ada alternatif jalan lain dan kamu harus pilih jalan yang kurang rata, kendarai motormu secara perlahan dan berhati-hati ya, Urbanreaders. Jangan sampai ngebut dan asal tabrak benda-benda kecil di depan. 

Ngebut di jalanan yang kasar akan memungkinkan shockbreaker jadi bengkok. Jika sudah bengkok, tentunya performanya akan kurang optimal.

3. Jaga Kebersihan Shockbreaker

1658315282-Ilustrasi-shockbreaker-dicuci.jpegSumber: Pinterest/Freepik

Ini adalah salah satu manfaat buat kamu yang rajin mencuci motor nih. Kamu yang biasanya lebih memperhatikan motor, dipastikan akan selalu menyadari ketika kondisi shockbreaker kotor, sehingga akan langsung memberishkannya bukan?

Kotoran yang menempel di area kerja shockbreaker ternyata bisa membuat seal yang ada mudah lecet loh, sehingga oli dari shockbreaker bisa saja bocor dan membuat kualitas pegas dari shockbreaker motormu menurun.

4. Jangan Kelebihan Beban

Jika kamu sering membawa beban yang berat, pertimbangkan lagi berat maksimal bawaanmu. Jangan sampai shockbreaker terlalu terbebani oleh barang-barang kamu dan mengakibatkan penurunan fungsi dari suspensinya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait