beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Soal Bansos Pengalihan Subsidi BBM, Pengamat: Sudah Tepat, Asalkan...

Ardha Franstiya,
1 September 2022 17.43.16 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Soal Bansos Pengalihan Subsidi BBM, Pengamat: Sudah Tepat, Asalkan...
Image: Warga Tangerang menerima paket sembako bantuan dari pemerintah pusat. (Ilustrasi/ANTARA)

Jakarta - Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai langkah pemerintah sudah tepat terkait pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) ke program bantuan sosial (bansos) tambahan.

"Keputusan tersebut sudah tepat asalkan data pemerintah soal masyarakat miskin penerima bansos sesuai sasaran," ujar Agus di Jakarta, seperti dikutip ANTARA, Rabu (31/8/2022).

Agus mengatakan bahwa penyaluran bansos tambahan diperlukan data benar dan akurat. Jika penggunaan data salah maka orang yang tidak berhak akan ikut menikmati bansos subsidi BBM tersebut.

Menurutnya, syarat yang ditetapkan pemerintah kepada calon penerima bansos tambahan sudah tepat, meski harus dilakukan pengawasan lebih ketat.

Agus pun mempertanyakan soal cara pemerintah mengetahui pemilik gaji di bawah Rp 3,5 juta. Untuk itu, perlu ada data-data terbaru dari pemerintah agar bansos tambahan tidak salah sasaran.

Sementara itu, terkait besaran bansos tambahan yang diterima masyarakat, Agus menganggap tidak ada masalah karena bantuan digunakan untuk kebutuhan gizi anak, sehingga akan tercukupi.

Terakhir, soal rencana kenaikan harga BBM, Agus melihat BBM subsidi untuk rakyat kurang mampu ternyata ikut dinikmati orang kaya. Fenomena itu dianggap sudah berlangsung sejak lama tanpa ada teguran atau hukuman dari pemerintah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait