beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Tangkap Pemuda Diduga Hacker Bjorka di Madiun, Polisi: Sedang Didalami Timsus

Nivita Saldyni,
15 September 2022 16.52.53 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tangkap Pemuda Diduga Hacker Bjorka di Madiun, Polisi: Sedang Didalami Timsus
Image: Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. (PMJ News)

Madiun - Tim Siber Mabes Polri baru saja mengamankan seorang pemuda bernama Muhammad Agung Hidayatulloh (21) asal Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Rabu (14/9/2022) malam. Pemuda itu ditangkap karena diduga terkait dengan aksi peretasan hacker Bjorka.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Urbanasia, Muhammad merupakan warga Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sehari-harinya, pemuda ini diketahui berprofesi sebagai penjual es di pinggir jalan raya Desa Pintu Kecamatan Dagangan Madiun.

Ia diamankan polisi pada Rabu (14/9/2022) sekitar pukul 18.30 WIB di rumahnya. Pengamanan ini dilakukan setelah handphone Muhammad terlacak oleh Tim Siber Mabes Polri.

Muhammad awalnya dibawa ke Polsek Dagangan. Namun kemudian ia dipindahkan ke Polres Madiun untuk menjalani pemeriksaan secara tertutup sebelum akhirnya dibawa ke Mabes Polri untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Kabar penangkapan tersebut telah dikonfirmasi oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo. Namun Dedi menjelaskan saat ini tim khusus perlindungan kebocoran data Pemerintah terdiri dari Kemenkopolhukam, Polri, BIN, Kominfo, dan BSSN masih melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu kebenaran atas dugaan keterlibatan dalam aksi peretasan oleh hacker Bjorka. Sehingga ia menegaskan belum ada kesimpulan pemuda asal Madiun itu adalah hacker Bjorka.

"Yang di Madiun sedang didalami terkait masalah yang bersangkutan (peretasan). Timsus sudah bekerja. Apa yang dilakukan akan disampaikan lebih lanjut oleh Timsus," kata Dedi kepada wartawan, Kamis (15/9/2022).

Dedi mengaku baru mendapatkan informasi mengenai penangkapan terduga hacker Bjorka di Madiun. Sementara soal terduga hacker Bjorka di wilayah Cirebon, Jawa Barat belum ada informasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait