Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Timnas Indonesia Raih 2 Penghargaan di Ajang Piala AFF 2020

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Timnas Indonesia Raih 2 Penghargaan di Ajang Piala AFF 2020
Image: Evan Dimas terima trofi 'Fairplay Team Award' di ajang AFF Suzuki Cup 2020, Sabtu (1/1/2022). (Instagram @pssi)

Jakarta - Gelaran Piala AFF 2020 baru saja rampung digelar, Sabtu (1/1/2022). Turnamen sepak bola antar negara di Asia Tenggara itu dimenangkan oleh Thailand usai melawan timnas Indonesia di partai final yang berlangsung dalam dua pertandingan.

Pada leg pertama, Skuad Garuda kalah dengan skor 0-4. Pada leg kedua, tim di bawah asuhan Shin Tae-yong itu bermain imbang 2-2 dan membuat Indonesia keluar sebagai runner up.

Meski belum berhasil mengangkat trofi kemenangan, timnas Indonesia berhasil mendapatkan dua penghargaan dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dan penyelenggara Piala AFF 2020. Dua penghargaan itu adalah Tim Fair Play dan Pemain Muda Terbaik.

Kabar baik lainnya, gelandang andalan timnas Indonesia, Ricky Kambuaya kembali terpilih sebagai Man of the Match dalam laga leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand. Sebelumnya pemain Persebaya Surabaya itu juga terpilih sebagai Man of the Match saat melawan Kamboja di partai pertama.

Timnas Indonesia Dapat Penghargaan Tim Fairplay di Piala AFF 2020

Selain membawa pulang gelar runner up, timnas Indonesia juga dianugerahi gelar tim 'Fairplay' dalam turnamen ini. Penghargaan ini diberikan kepada tim yang dinilai paling menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas selama turnamen berlangsung.

Ini menjadi kali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF. Sebelumnya, gelar itu pernah diraih oleh Thailand di tahun 2008. Sementara Malaysia tercatat paling banyak menyabet gelar tersebut, yaitu pada 2000, 2012, dan 2018.

Gelar ini tampaknya bisa menjadi pelipur lara bagi Indonesia yang lagi-lagi gagal mengangkat trofi Piala AFF dan untuk keenam kalinya meraih gelar runner up.

Pratama Arhan Dapat Penghargaan Pemain Muda Terbaik

1641119236-Arhan.JPGSumber: Pratama Arhan raih penghargaan 'The GOAL NXGN Award for Young Player of the Tournament' di ajang AFF Suzuki Cup 2020, Sabtu (1/1/2022). (Dok. AFF)

Selain itu, salah satu pemain timnas Indonesia juga berhasil didapuk sebagai Pemain Muda Terbaik dalam turnamen tersebut. Ia adalah pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan (20). 

Arhan berhasil membawa pulang penghargaan The GOAL NXGN Award for Young Player of the Tournament atau pemain muda terbaik berkat perolehan suara dari penggemar dan peringkat oleh tim redaksi GOAL sepanjang turnamen. 

Dikutip dari laman AFF Suzuki Cup 2020, Arhan dianugerahi gelar tersebut setelah memperoleh 60.122 suara pemilih. Ia pun berhasil mengalahkan pesaingnya di tim yang sama yaitu Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga, serta Thanawat Suengchitthawon dari Thailand dan Sieng Chanthea dari Kamboja. 

Bek kiri Indonesia itu diganjar penghargaan ini karena dinilai konsistensi sepanjang Piala AFF 2020, baik dalam melakukan serangan maupun bertahan.

AFF juga memuji keberhasilan Arhan mencetak dua gol dalam enam penampilan. Kualitas pertahanan Arhan yang tak lepas dari sorotan AFF adalah 80 persen tekel sukses.

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Piala AFF 2021:

1. Pemain Terbaik: Chanathip Songkrasin (Thailand)

2. Pemain Muda Terbaik: Pratama Arhan (Indonesia)

3. Top Skor (4 gol):
Safawi Rasid (Malaysia)
Bienvenido Maranon (Filipina)
Chanathip Songkrasin (Thailand)
Teerasil Dangda (Thailand)

4. Tim Fairplay: Indonesia

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait