Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

Tips Mengatasi Kulit yang 'Over Treatment'

Kintan Lestari,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Mengatasi Kulit yang 'Over Treatment'
Image: Jerawat dan berminyak. Sumber: Freepik

Jakarta - Kulit mulus bebas dari jerawat adalah impian setiap orang. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan beberapa produk supaya goals kulitnya tercapai.

Sebenarnya baik merawat kulit, yang tidak baik adalah kalau sampai merawat kulitnya berlebihan atau over treatment. Misalnya kamu gonta-ganti produk untuk mencari yang terbaik, atau kebutuhan pekerjaan seperti yang dilakukan beauty influencer.

Hasil merawat kulitnya justru jadi berbanding terbalik. Yang niatnya supaya kulit sehat dan mulus, yang terjadi justru berjerawat, komedoan, sampai iritasi.

Dr Rendra Pranadipa, Chief Scientific Officer DeBiuryn DermaCosmetics, membeberkan nih dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang over treatment.

"Ketika mencoba berbagai macam skincare dan kulit nggak nyaman, itu ada kemungkinan barrier kulit kita lagi berkompromi. Soalnya tameng kulit lagi rusak sehingga zat berbahaya dari luar masuk ke dalam. Itulah yang mengakibatkan kulit merespon dengan keluar jerawat, gatal, merah-merah dan seterusnya," ujar Dr Dipa dalam webinar beberapa hari lalu. 

Dan cara memperbaikinya, dikatakan Dipa adalah dengan menggunakan produk yang ingredients-nya bisa me-restore barrier kulit.

"Caranya adalah dengan mengembalikan barrier dari kulit. Salah satunya kalau belum terlalu parah bisa menggunakan ingredients tertentu yang bisa berfungsi me-restore barrier, seperti serum atau produk lainnya," pungkasnya lagi. 

Namun bila over treatment-nya sudah lama berlangsung dan telat diperbaiki, Dipa menyarankan untuk pergi ke klinik kecantikan.

"Tapi balik lagi, makin lama terpapar produk yang tidak tepat maka restore barrier-nya butuh waktu lebih lama. Kalau sudah mengalami over treatment parah paling gampang ya datang ke klinik dan cari dokter yang kompeten yang memahami tentang estetik sehingga bisa merancang strategi supaya mengembalikan kulit," jelasnya lagi.

Itu dia Urbanreaders tips buat kamu yang kulitnya bermasalah akibat over treatment. Pakai skincare untuk merawat kulit baik kok, tapi ingat pakainya jangan berlebihan ya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait