beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Tips Nabung untuk Modal Nikah

Alfian Muntahanatul Ulya,
16 November 2022 15.48.24 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Nabung untuk Modal Nikah
Image: Ilustrasi pernikahan. (Unsplash/Wu Jianxiong)

Jakarta - Saat merencanakan pernikahan, sepasang kekasih harus paham soal bagaimana memprioritaskan alokasi dana dan anggaran yang akan dibutuhkan.

Itulah sebabnya, mengapa diperlukan perencanaan yang matang. Bisa dengan membuat daftar skala prioritas dan tetapkan perkiraan budget yang akan dihabiskan seseorang untuk menggelar resepsi.

Maka dari itu, sering kali kita menjumpai banyak orang, atau bahkan teman sendiri yang rela menyisihkan sebagian penghasilannya untuk modal nikah.

Hal ini dilakukan agar budget plan untuk menikah nggak tercampur dengan alokasi dana untuk kebutuhan primer dan sekunder hidup sehari-hari.

Nah barangkali kamu sendiri juga kebingungan harus mulai menabung dari mana, yuk simak tips berikut ini.

1. Periksa Keuangan

1641723154 laporan harian.jpgSumber: ilustrasi rencana keuangan (Freepik)

Banyak pasangan mungkin menunda untuk memulai obrolan soal keuangan sebelum menikah, namun kurangnya pengetahuan ini bisa sangat berisiko, Urbanreaders.

Penting untuk mengenali kondisi keuangan masing-masing, misalnya berapa banyak kartu kredit yang kamu dan pasangan miliki.

Memahami dengan baik kebiasaan belanja dan gambaran keuangan pasangan bisa membantu kamu untuk membuat keputusan tentang cara terbaik menggabungkan keuangan setelah menikah.

2. Terbuka soal Utang yang Dimiliki

1666775114-Ilustrasi-Suami-dan-Istri-Berdiskusi.jpegSumber: Ilustrasi suami istri diskusi (pexels/mikhailnilov)

Mengetahui seberapa besar atau kecil jumlah utang yang dimiliki oleh masing-masing nggak kalah penting untuk pertimbangan soal financial saat menikah nanti.

Kalau memang perlu, kamu bisa bekerja sama untuk melunasinya. Tapi ada baiknya menghindari membuat rekening bersama sebelum terjadi pernikahan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait