Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Viral Hadiah Pemenang Bupati Cup 2021 Pandeglang Rp 95 Ribu, Ini Kata Panitia

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Hadiah Pemenang Bupati Cup 2021 Pandeglang Rp 95 Ribu, Ini Kata Panitia
Image: Viral uang pembinaan untuk juara Panjat Tebing Bupati Cup 2021. (Istimewa)

Pandeglang - Sebuah foto yang menunjukan amplop hadiah kejuaraan Panjat Tebing Bupati Cup 2021 beredar di media sosial hingga WhatsApp grup.

Dalam foto memperlihatkan ada tiga amplop hadiah, dengan rincian uang hadiah Rp 165 ribu untuk juara II Panjat Tebing Bupati Cup 2021 dan juara III sebesar Rp 95 ribu. 

Ketiga amplop itu merupakan uang pembinaan dari ajang Bupati Cup 2021 Pandeglang. Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Banten, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Turnamen Bupati Cup Tahun 2021, yang meliputi empat cabang olahraga (cabor), di antaranya Pencak Silat, Panjat Tebing, Karate, dan Futsal.

Menanggapi viralnya foto tersebut, Ketua Pelaksana Lomba Panjat Tebing, Rika Kartikasari mengaku tidak mengetahui soal nominal hadiah yang diberikan. Rika mengatakan, bahwa hadiah itu diberikan langsung oleh Dispora.

“Jadi gini kronologisnya, kami waktu Rabu malam (15/12/2021) itu kan ada pembagian hadiah. Itu amplopnya untuk hadiah juara dari Dispora langsung yang ngasih. Malam itu yang hadir Pak Bedi sama Bu Atin dari Dispora, mereka yang menyerahkan langsung amplopnya,” katanya, Jumat (17/12/2021), mengutip RRI.

Rika mengaku, saat itu amplop sudah dalam kondisi tertutup rapat dan langsung diserahkan oleh kedua utusan dari Dispora kepada pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pandeglang sebagai panitia pelaksana kegiatan.

“Nah amplop itu udah ditutup rapat, kami kan tinggal serahkan saja sama yang juara-juara. Bahkan kami juga enggak tahu kalau isinya berapa, karena salah dong kalau kami membuka amplop itu,” ujar Rika.

Rika juga mengaku baru mendapat kabar soal nominal uang untuk para juara tersebut. Padahal, dikatakan Rika, jika jumlah uang dalam amplop itu ikut dikeluhkan peserta yang mengikuti perlombaan panjat tebing.

“Hari ini ramai, banyak yang nanya juga ke saya kok ini hadiah kecil amat. Gimana yah, saya aja baru tahu isinya segitu. Soalnya yang nyerahinnya itu dari Dispora ke panitia, mereka (dua pejabat Dispora) juga ikut menyaksikan sampai pembagian hadiah selesai malam itu,” bebernya.

Usau foto-foto itu menjadi ramai diperbincangkan, dia pun enggan banyak berkomentar ke media. Pasalnya, Rika mengaku hanya bertugas sebagai panitia pelaksana saat kegiatan itu berlangsung dan tidak mengetahui soal hadiah untuk para pemenang lomba.

“Karena itu (uang hadiah) dari Dispora semua, bagaimana anggarannya, jumahnya, itu dibalikin ke Dispora. Yang penting dari sisi panitia baik dari pengurus FPTI, kami tidak intervensi terhadap dana itu. Kami sudah serahkan sesuai yang Dispora kasih,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Pembibitan dan Prestasi Ahmad Jubaedi mengklaim, jika anggaran tersebut sudah sesuai dengan perencanaan Dispora.

Jubaedi pun mengaku aneh lantaran persoalan uang pembinaan ini mencuat sekarang, hal ini dikatakan Jubaedi di tahun-tahun sebelumnya tak pernah ada yang mempermasalahkan.

“Memang udah sesuai, dari tahun-tahun sebelumnya bahkan tidak pernah ada pembinaan. Boleh tanya ke cabor olahraga silat, karate dan panjat tebing, apakah dari dulu mereka diberikan uang pembinaan?” tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait