Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Wagub DKI Minta Warga Jakarta Hemat Gunakan Air

Griska Laras,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wagub DKI Minta Warga Jakarta Hemat Gunakan Air
Image: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (@arizapatria/Instagram)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau warga menghemat penggunaan air tanah. Imbauan ini dilakukan karena terjadi penurunan air tanah secara berkala di permukaan bawah laut Jakarta.

"Penurunan air tanah di Jakarta terjadi di bawah permukaan laut. Kami minta semua warga Jakarta menghemat penggunaan air, sekalipun kita bukan di wilayah Timur Tengah yang sulit air bersih," kata Riza di Jakarta, Rabu (6/10/2021).

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian PUPR untuk mengendalikan penggunaan air tanah dengan menyalurkan air pipa di DKI Jakarta.

"Jika nanti sudah semakin banyak air PAM, penyedotan melalui pompa akan berkurang," ujarnya.

Tak hanya di permukiman, Riza juga menjelaskan perlu adanya pengendalian penggunaan air bersih perkantoran maupun perhotelan.

"Perlu ada pengendalian, tapi bukan larangan. Semuanya diatur kebutuhan air tanah, agar semua terpenuhi. Juga hotel, perkantoran, dan apartemen diatur kebutuhan airnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Sumber Daya Air (SDA) DKI Yusmada Faizal mengatakan pihaknya sedang meyiapkan regulasi untuk membatasi penggunaan air tanah, tapi bukan melarang.

"Jadi kita akan membatasi penggunaan air tanah, tapi bukan melarang," kata Yusmada.

Yusmada menyebut larangan penggunaan air tanah di Jakarta saat ini belum pantas karena sumber air baku perpipaan di ibu kota masih sedikit. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait