beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Tubuh

Rasya Azzahra,
25 Maret 2022 20.42.23 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bahayakan Kesehatan Tubuh
Image: kebiasaan sepele yang membahayakan bagi tubuh (Freepik/pressfoto)

Jakarta – Mungkin merokok atau minum alkohol menjadi dua hal yang sudah diketahui sebagai kebiasaan yang menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Nyatanya, ada banyak loh kebiasaan sepele yang ternyata juga memicu timbulnya berbagai masalah bagi tubuh.

Banyak aktivitas yang kamu lakukan tanpa disadari juga berdampak buruk pada kesehatan loh, apalagi jika sering disepelekan dan berlangsung lama.

Nah, kira-kira kebiasaan apa aja sih yang ternyata menimbulkan efek buruk bagi tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini, Urbanreaders!

1. Terlambat Makan

1645698497-Buruknya-Pola-Makan-(Freepik-wayhomestudio).jpegSumber: Buruknya Pola Makan (Freepik/wayhomestudio)

Kebiasaan telat makan seringkali diabaikan dan dinggap sepele. Padahal, menunda makan akan memperlambat proses metabolisme tubuh sehingga kamu akan merasa lemah dan tidak memiliki energi.

Selain itu, jika kamu sering terlambat makan hal tersebut juga akan menyebabkan asam lambung naik. Maka sebaiknya luangkanlah waktu sebentar untuk makan agar bisa tetap fokus dan penuh energi saat kembali melanjutkan aktivitas.

2. Menyepelekan Bahaya Polusi Udara

1589940136-polusi-udara.jpgSumber: Ilustrasi polusi

Seringkali, ketika keluar rumah untuk bepergian menggunakan motor kamu tidak memakai masker karena merasa tidak nyaman saat berkendara. Padahal, mengenakan masker adalah hal yang penting untuk mencegah kamu menghirup polusi udara di jalan.

Udara yang kamu hirup saat itu, mengandung berbagai macam zat dan bahan kimia yang tidak dikenal, sehingga berbahaya bagi kesehatan. Terutama jika kamu berada di lingkungan kerja tertentu atau kota-kota besar.

3. Begadang

1643901460-freepik-user18526052.jpgSumber: Ilustrasi akibat kurang tidur (Freepik/user18526052)

Kebiasaan berbahaya selanjutnya adalah begadang. Jika kamu sering terjaga hingga malam hari lalu baru tidur di pagi hari, kebiasaan tersebut menjadi salah satu faktor yang bisa merusak kesehatan tubuh loh.

Biasanya, seseorang yang begadang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik pada esok hari dan juga mengganggu waktu makan. Nah, jika kamu sering melakukan kebiasaan begadang segera ubahlah secara perlahan sehingga waktu tidur kembali normal dan kesehatan tubuh terjaga.

4. Duduk Terlalu Lama

1644304492-Ilustrasi-duduk-terlalu-lama-(Freepik).JPGSumber: ilustrasi duduk terlalu lama (Freepik/Freepik)

Biasanya ketika mengerjakan tugas atau pekerjaan, kamu sering duduk di kursi dalam jangka waktu yang lama. Nah, jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus maka akan memperburuk kesehatan fisik kamu loh.

Duduk dengan jangka waktu panjang bisa meningkatkan risiko penyakit obesitas, penyakit kardiovaskular, hingga diabetes tipe 2. Hal tersebut disebabkan karena ketika duduk, tubuh tidak beraktivitas atau bergerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak.

5. Makan saat Tidak Lapar

1616741337-makanan---freepik-arutaimages.jpgSumber: Ilustrasi makan bersama. (Freepik/arutaimages)

Hanya sekadar ngemil atau mencari pelampiasan dengan makan terlalu sering ternyata juga tidak baik loh untuk kesehatan. Jika kamu terus melakukan kebiasaan ini, maka dapat menyebabkan kalori meningkat sehingga memicu risiko gangguan kesehatan, mulai dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, darah tinggi, hingga ginjal.

Maka, agar berat badan kamu tetap terjaga perhatikanlah waktu makan dengan baik. jangan gunakan makanan sebagai pelampiasan diri agar tidak memicu risiko penyakit berbahaya bagi tubuh kamu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait