beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

WHO Sebut Vaksin Tetap Penting Lawan Varian COVID-19, Termasuk Omicron

Ardha Franstiya,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WHO Sebut Vaksin Tetap Penting Lawan Varian COVID-19, Termasuk Omicron
Image: Ilustrasi Vaksin COVID-19 (Freepik)

Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksinasi masih penting untuk melawan virus corona, termasuk varian Omicron yang dilaporkan terdeteksi di Afrika Selatan, dan sejumlah negara dunia.

WHO bekerja sama dengan mitra teknis untuk memahami dampak potensial dari varian ini pada tindakan pencegahan yang ada, termasuk vaksin.

"Vaksin tetap penting untuk mengurangi penyakit parah dan kematian, termasuk melawan varian dominan yang beredar, Delta. Vaksin saat ini tetap efektif melawan penyakit parah dan kematian," terang WHO lewat keterangan resmi, dikutip, Selasa (30/11).

Soal efektivitas tes saat ini, WHO mengatakan tes PCR yang banyak digunakan terus mendeteksi infeksi, termasuk infeksi dengan Omicron, seperti yang telah dilihat dengan varian lain juga. 

"Studi sedang berlangsung untuk menentukan apakah ada dampak pada jenis tes lain, termasuk tes antigen," terangnya. 

Di sisi pengobatan, WHO menjelaskan Kortikosteroid dan IL6 Receptor Blockers masih akan efektif untuk menangani pasien dengan COVID-19 yang parah. 

Perawatan lain akan dinilai untuk melihat apakah masih efektif mengingat perubahan pada bagian virus dalam varian ini.

Sebelumnya pada 26 November, WHO menetapkan varian Omicron (B.1.1.529) sebagai varian yang menjadi perhatian, atas saran dari Kelompok Penasihat Teknis WHO tentang Evolusi Virus (TAG-VE). 

Keputusan ini didasarkan pada bukti yang diberikan kepada TAG-VE bahwa Omicron memiliki beberapa mutasi, misalnya seberapa mudah menyebar atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait