beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

10 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh
Image: Ilustrasi latihan kebugaran jasmani. (Freepik/prostooleh)

Jakarta - Latihan kebugaran jasmani bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Tapi selain itu, latihan ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh loh. Yuk, kita cari tahu tujuan utama latihan kebugaran jasmani bagi tubuh selain dua hal tadi.

Tapi sebelum itu, kamu perlu tahu nih ada beberapa macam latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu lakukan, di antaranya sit-up, push-up, squat jump, pull-up, back-up, lari, dan masih banyak lagi. Lantas, apa sih yang kita dapatkan dari melakukan itu semua? 

Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh adalah sebagai berikut:

  •  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Aktivitas fisik yang teratur berperan besar dalam menjaga tubuhmu tetap sehat dan mencegah penyakit. Itu karena olahraga berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, yang dapat membantu mendukung fungsi sistem kekebalan.

  • Mengurangi Risiko Terkena Penyakit

Latihan kebugaran jasmani meningkatkan pernapasan, kesehatan jantung, dan kesehatan secara keseluruhan. Kebiasaan ini juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Dengan kata lain, tetap aktif adalah bagian penting dari menjaga kesehatan dan kebugaran.

  • Menguatkan Tulang dan Otot

Seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi tulang, persendian, dan otot. Mereka menopang tubuh dan membantu kamu bergerak. Menjaga tulang, sendi, dan otot tetap sehat dapat membantu memastikan bahwa kamu dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan aktif secara fisik. Alhasil, risiko osteoporosis berkurang.

Aktivitas penguatan otot seperti angkat beban dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan massa dan kekuatan otot. Ini penting untuk orang yang mengalami penurunan massa otot dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia. 

  • Meningkatkan Harapan Hidup

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur meningkatkan harapan hidup dan mengurangi risiko kematian dini. Dengan demikian, orang yang lebih aktif cenderung lebih sehat dan cenderung hidup lebih lama.

  • Mengontrol Berat Badan

Latihan jasmani dapat membantu mencegah kelebihan berat badan atau membantu mempertahankan penurunan berat badan. Saat melakukan aktivitas fisik, kamu membakar kalori. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang dibakar.

  • Meningkatkan Kualitas Hidup

Kurangnya aktivitas fisik dapat membuat kamu dekat dengan berbagai penyakit kronis seperti kanker atau diabetes, dan masalah kesehatan mental. Olahraga selain memberikan banyak manfaat kesehatan, telah terbukti meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

  • Meningkatkan Mood

Kalau kamu lagi merasa down atau bad mood terus, ada cara mudah untuk meningkatkan mood yaitu dengan latihan kebugaran jasmani. Aktivitas fisik merangsang berbagai senyawa kimia di otak yang dapat membuat kamu merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan tidak terlalu cemas. Hasilnya, kamu jadi lebih merasa percaya diri.

  • Mendorong Tidur Lebih Baik

Buat kamu yang belakangan ini sulit tidur, rutin melakukan latihan kebugaran akan membantumu mendapat kualitas tidur yang baik. Tapi ingat, jangan olahraga pas sebelum jam tidur, yang ada kamu malah jadi nggak ngantuk.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Tidak hanya bermanfaat untuk otot dan tulang, latihan kebugaran jasmani juga baik untuk otak. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan kognitif, seperti membantu berpikir, belajar, memecahkan masalah, dan menikmati keseimbangan emosional. Ini dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kecemasan atau depresi. 

  • Menghemat Uang

Kamu nggak menyangka kan rutin latihan kebugaran bikin hemat uang? Yap, tujuan utama latihan kebugaran jasmani bagi tubuh selain badan sehat, otot kuat, dan perasaanmu bahagia juga bikin kamu hemat uang. Itu karena kebiasaan hidup sehatmu membuat kamu jauh dari segala macam penyakit sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk berobat.

Itu dia 10 tujuan utama latihan kebugaran jasmani bagi tubuh yang harus kamu tahu. Yuk, mulai sekarang harus rajin latihan kebugaran ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait