beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

4 Hal yang Bikin Kamu Bisa Dibully oleh Rekan Kerja di Kantor

Putri Nur Aisyah,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Hal yang Bikin Kamu Bisa Dibully oleh Rekan Kerja di Kantor
Image: Ilustrasi konflik di kantor. (Freepik/yanalya)

Jakarta - Memiliki lingkungan yang baik dalam pekerjaan adalah hal yang paling didambakan oleh semua orang termasuk kamu kan, Urbanreaders? Dengan pekerjaan yang cocok dan lingkungan baik, pasti akan membuatmu semakin nyaman dalam bekerja.

Tetapi, sayangnya ada saja orang yang tidak seberuntung itu untuk mendapatkan pekerjaan dengan lingkungan kerja yang baik pula.

Terkadang ada saja orang yang justru dibully di lingkungan kerjanyanya. Tidak ada salahnya untuk mencegah hal itu terjadi.

Oleh karena itu kamu bisa simak hal apa saja yang bisa membuatmu dibully oleh rekan kerja agar kamu bisa menghindari hal tersebut!

1. Circle pertemanan sudah terlalu kuat

1635229941-karyawan.jpgSumber: Ilustrasi karyawan kantor (Free photos/Pixabay)

Terkadang ketika circle pertemanan dalam tempat kerja sudah berjalan lama dan sangat kompak, justru membuat karyawan baru merasa tidak nyaman karena merasa diasingkan.

Hal ini mungkin terjadi karena kelompok tersebut sudah terlalu nyaman dan tidak pernah mendapatkan orang baru dalam lingkungannya.

Jika kamu mendapatkan lingkungan kerja seperti ini, memang akan sulit untuk mulai berbaur, namun kamu bisa sedikit demi sedikit menyesuaikan kebiasaanmu agar mulai terbiasa dengan lingkungan seperti itu.

2. Dianggap tidak bisa apa-apa

1603202650-karyawan-baru6.jpgSumber: Ilustrasi karyawan baru. (Freepik)

Terkadang dalam dunia pekerjaan, satu kesalahan bisa membuat kamu dianggap tidak bisa apa-apa. Padahal, kesalahan dalam suatu pekerjaan adalah hal yang wajar, apalagi ketika kamu baru masuk ke lingkungan kerja baru. Butuh beberapa waktu untuk menyesuaikan hal tersebut.

Jika kamu merasa di ‘underestimate’ oleh rekan kerjamu dan berujung dibully, pastilah kamu akan merasa tidak nyaman. Ketika kamu merasakan hal tersebut, terdapat dua pilihan untuk menghadapinya yaitu kamu keluar dari tempat kerjamu atau kamu bisa berusaha untuk memperlihatkan bahwa hal yang mereka pikirkan adalah hal yang salah.

3. Kamu dipuji oleh atasan

1619056074-haram-dilakukan-di-kantor---freepik-diana.grytsku.jpgSumber: Hal yang haram dilakukan di kantor. (Freepik/diana.grytsku)

Alasan ini memang terdengar tidak masuk akal, tetapi terkadang orang yang memang memiliki hati yang buruk, justru akan merasa sebal jika kamu lebih ‘jago’ dibandingkan dirinya. Orang tersebut mungkin saja akan menganggap dirimu itu hanya cari perhatian tanpa skill yang mumpuni.

Tetapi, orang-orang seperti itu lebih baik kamu abaikan saja. Jika bully semakin parah, bercerita kepada atasan atau kepada orang kantor yang kamu percayai adalah salah satu cara untuk kamu survive dan orang yang membully-mu mendapatkan teguran.

4. Kamu memiliki sifat menyebalkan

1638350017-pekerja-kantor.jpgSumber: Ilustrasi karyawan baru. (Freepik/nomadsoul1)

Manusia memang tidak bisa sempurna, termasuk kamu. Dalam diri manusia pasti ada saja sifat-sifat menyebalkan yang mungkin tidak bisa ditolerir oleh orang lain. Hal tersebutlah yang mungkin membuatmu dibully oleh rekan-rekan kerja di kantormu.

Jika hal ini terjadi, cobalah untuk bertanya terlebih dahulu kepada orang yang bisa kamu percayai dan bisa memberitahu apa kesalahanmu. Jika sudah diberitahu dan itu masuk akal, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengubah sifat menyebalkan itu.

Jadi, itulah 4 hal yang bisa membuat kamu dibully oleh rekan-rekan kerjamu. Tapi, tentunya Urbanasia selalu berharap bahwa kamu mendapatkan tempat kerja yang terbaik untuk Urbanreaders semua!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait