menu
user
URoto

5 Cara Mudah Bersihkan Grill Mobil di Rumah

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Mudah Bersihkan Grill Mobil di Rumah
Image: Ilustrasi membersihkan mobil (Freepik/senivpetro)

Jakarta - Saat memiliki waktu luang di rumah, nggak ada salahnya kalau kamu memanjakan mobil agar tetap terawat sehingga selalu nyaman saat dikendarai.

Nah, salah satu yang tak boleh terlewat adalah membersihkan grill pada mobil agar tetap kinclong. Grill adalah salah satu komponen mobil yang terdapat di bagian luar depan dengan bentuk yang berventilasi. Fungsinya, sebagai pelindung untuk komponen mesin mobil di dalamnya.

Grill mudah sekali kotor karena letaknya berada di bagian depan. Debu, air hujan, hingga lumpur pastinya akan menyapa grill mobil terlebih dahulu. 

Nah, agar grill tidak berjamur dan berkarat, yuk coba untuk membersihkan sendiri grill di rumah tanpa harus ke salon mobil dengan tips yang dibagikan oleh situs resmi Daihatsu Indonesia. Berikut caranya! 

1. Siapkan perlengkapan

1616157454-membersihkan-mobil-freepik.jpgSumber: Ilustrasi membersihkan mobil (Freepik/Freepik)

Cara membersihkan grill mobil yang pertama adalah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti kain lap dengan bahan katun agar tidak memberikan kesan baret pada grill, sikat gigi untuk membersihkan sela sempit grill, kuas, sampo mobil, hingga wax.

2. Encerkan Shampo Mobil

Seperti halnya membersihkan rambut dengan mengencerkan shampo ditambah air agar lebih merata, saat membersihkan grill mobil juga demikian. Sampo harus diencerkan dengan air. Hanya saja, komposisinya tentu berbeda yakni dengan komposisi 1:3. Nantinya, cairan shampo ini bisa untuk mengangkat debu yang menempel di grill mobil.

3. Menggosok Grill

1602659411-man-s-hand-is-cleaning-waxing-car-1150-6099.jpgSumber: Ilustrasi mobil beret (Freepik)

Setelah cairan shampo didapat, kamu harus menggosokannya ke grill menggunakan sikat gigi secara merata hingga ke sela-sela ventilasi. Tidak perlu terlalu kencang karena bisa menggores grill.

Jika memang ada bagian yang dirasa membandel, oleskan kembali sampo di bagian tersebut. Diamkan sejenak supaya noda terangkat lalu gosok dengan perlahan. Pastikan semua bagian grill tidak terlewat ya.

4. Lap Bekas Shampo

Ketika selesai disikat tentu saja akan masih terlihat kotor karena bekas sampo masih menempel. Nah, disinilah kain lap berbahan katun bekerja. Lap hingga bersih dan pastikan tidak ada bagian yang terlupakan sehingga semuanya terlihat bersih tanpa meninggalkan bekas sampo atau gosokan sikat ya.

Pemilihan kain berbahan katun ini tentu saja bukan tanpa alasan. Bahan katun adalah bahan yang lembut dan mampu menyerap cairan dengan baik. Ketika grill mobil dilap dengan kain berbahan katun akan aman tanpa memungkinkan ada goresan ketika mengelapnya. Bekas shampo juga akan terangkat dengan baik.

5. Oleskan Wax

1616157888-merawat-mobil-prostooleh.jpgSumber: Ilustrasi merawat mobil (Freepik/prostooleh)

Grill mobil yang terdapat di bagian depan tentu saja harus selalu terlihat baik, bukan? Hal tersebut dikarenakan impresi awal yang dilihat oleh orang adalah bagian depan. 

Ketika grill tampak kotor bahkan terbaret tentu saja akan membuat mobil terlihat kurang baik. Inilah mengapa ketika membersihkan grill mobil harus diakhiri dengan mengoleskan wax. Wax berfungsi untuk membuat bagian grill lebih mengkilap. Dengan begini, grill akan tambah lebih kinclong dan mobil terlihat lebih gagah sekaligus cantik.

Itulah beberapa langkah dan cara membersihkan grill mobil. Sangat hemat bukan?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait