menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

5 Olahan Menu Buka Puasa Praktis buat Anak Kos

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Olahan Menu Buka Puasa Praktis buat Anak Kos
Image: Ilustrasi menu buka puasa (Flickr)

Jakarta - Menjalani ibadah puasa Ramadan di tengah pandemi seperti sekarang pasti menjadi tantangan tersendiri ya guys, apalagi buat anak kos yang ada di perantauan.

Momen berbuka puasa yang dinantikan bersama keluarga nampaknya harus dikubur dalam-dalam karena harus tetap berdiam diri di rumah dan nggak bisa mudik.

Sebagai anak kos, biasanya kita nggak mau repot nih untuk menyiapkan menu berbuka puasa karena banyaknya kesibukan termasuk harus Work From Home. Misal selalu beli di luar pun kadang kala pasti merasa bosan.

Nah, solusinya adalah masak sendiri dengan menu yang simpel tapi tetap memenuhi asupan gizi kamu ya. Tenang aja guys, Urbanasia akan kasih kamu rekomendasi menu praktis dari berbagai sumber yang bisa dicoba nih untuk menu buka puasa kamu, seperti:

1. Tumis Kangkung Jamur

1588840620-kangkung.jpg

Image:Tumis Kangkung (Flickr)

Sajian tumis kangkung jamur bisa menjadi alternatif loh untuk menu buka puasa anak kos yang sehat dan mudah guys. Kangkung mengandung asam folat dan karotenoid yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Nah, jika kamu sering mengalami anemia saat puasa Ramadan, maka menu yang satu ini sangat cocok loh buat kamu.

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 100 gram sayur kangkung mengandung 25 kalori, 1 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Sajikan menu buka puasa ini dengan potongan jamur supaya kadar proteinnya semakin tinggi.

2. Dadar Mi Telur (Omelet)

1588840674-dadar-mie.jpg

Image: Telur Dadar Mie (Flickr)

Menu satu ini pasti udah nggak asing lagi ya buat anak kos, selain mudah dibuat, bahannya pun simpel dan murah cukup dengan mi, telur dan sejumlah sayuran pelengkap.

Caranya, rebus mi instan hingga mengembang dan matang, tiriskan dan sisihkan. Campurkan mi dengan telur, bumbu mi, daun bawang, dan kornet. Aduk hingga merata.
Panaskan wajan yang sudah diberikan minyak hingga mendidih.

Tuang adonan dan masak sampai matang. Jika sisi bawah sudah terlihat berwarna cokelat, balik dadar mi dengan hati-hati. Masak hingga matang. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan. Sajikan dadar mi telur ini dengan saus sambal supaya lebih nikmat.

3. Capcay Kuah

1588840716-capcay.jpg

Image: Capcay (Flickr)

Nah, capcay kuah dijamin banget nih bisa memberikan nutrisi yang cukup bagi kita untuk berbuka puasa khususnya anak kos.

Untuk membuat capcay kuah, siapkan bahan-bahan berupa 2 bonggol sawi hijau, 3 lembar sawi putih, 1 buah wortel, 1 bonggol brokoli, 4 buah jagung putren, 2 buah bakso, 1 buah sosis, 1 daging dada ayam yang dipotong dadu, 5 siung bawang putih, 1/4 bagian bawang bombay, dan 2 sendok makan minyak goreng.

Sedangkan untuk penyedapnya, kita bisa menggunakan masing-masing 1 sendok teh minyak wijen, saus tiram, garam dapur, dan tepung maizena yang dicampur 2 gelas air, serta merica bubuk secukupnya.

Bahan-bahan di atas dapat disesuaikan dengan selera kita masing-masing ya, guys!

4.  Roti Gandum Selai Kacang

1588840752-roti-gandum.jpg

Image:Roti Gandum (Flickr)

Sedang mencari menu buka puasa yang sehat tapi mudah dibuat? Kalau kamu bosan dengan nasi, roti gandum selai kacang bisa menjadi pilihan tepat.

Roti gandum mengandung kalorinya lebih rendah guys, yaitu 76 kalori, bila dibandingkan jenis roti lainnya. Kandungan seratnya pun 3 kali lebih banyak, sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Ketika ditambahkan dengan 2 sendok selai kacang, maka menu buka puasa yang satu ini mampu memberikan 267 kalori. Dengan makan setangkup roti gandum selai kacang, kamu sudah mendapatkan banyak protein, serat, vitamin E, dan vitamin B-6. Tubuh kamu pun akan tetap fit dan dijamin kenyang lebih lama setelah seharian berpuasa.

5. Tahu Cabai Garam

1588840808-Tahu-goreng.jpg

Image: Tahu Goreng (Flickr)

Untuk membuat menu ini, kamu cukup memerlukan 2 buah tahu, 6 siung bawang putih, 10 cabai rawit, 3 sdm tepung serbaguna, garam, air dan lada bubuk secukupnya.

Lalu, potong tahu menjadi berbentuk dadu. Kemudian, panaskan air hingga mendidih, masukkan garam dan merica. Masukkan tahu ke dalam rebusan air dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Segera angkat jika sudah melewati batas waktu ya!

Baluri tahu dengan tepung serbaguna hingga merata lalu panaskan minyak di dalam wajan. Goreng tahu hingga kecokelatan dan kering. Segera angkat jika sudah matang.
Sambil menunggu tahu agak dingin, buatlah bumbunya dengan cara tumis bawang putih dengan cabai rawit hingga mengering. Masukkan tahu dan aduk bersama bumbu hingga merata. Angkat dan sajikan.

Itu dia 5 menu yang bisa kamu coba untuk santapan buka puasa, semoga bermanfaat ya guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait