Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Penyebab Wanita Sulit Mengalami Kehamilan

Indi Lusiani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Penyebab Wanita Sulit Mengalami Kehamilan
Image: Ilustrasi anemia pada wanita. (Freepik/Yanalya)

Jakarta – Setiap pasangan suami dan istri tentunya ingin dikaruniai sang buah hati sebagai pelengkap kebahagiaan rumah tangganya. Sayang, tak semua pasangan yang beruntung bisa mendapatkan momongan dengan cepat.

Banyak pasangan yang harus berjuang demi bisa mendapat keturunan. Tetapi jika kamu sudah mencoba untuk hamil namun belum berhasil, tentu ada penyebabnya.

Kali ini Urbanasia telah merangkum dari berbagai sumber, lima penyebab seorang wanita sulit mengalami kehamilan. Yuk simak!

1. Gangguan Ovulasi

1637227476-Ilustrasi-penyebab-wanita-kurang-'basah'-(Freepik-drobotdean).jpgSumber: Ilustrasi penyebab wanita kurang 'basah' (Freepik/drobotdean)

Penyebab sulit hamil yang pertama bisa dipengaruhi dari faktor ovulasi seorang wanita. Agar dapat hamil, tubuh wanita perlu melepaskan sel telur setiap bulannya. Pelepasan sel telur atau ovulasi inilah yang menentukan masa subur wanita. Namun, proses ovulasi terkadang bisa terganggu loh.

Nah, perlu kalian tahu guys, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan gangguan ovulasi, antara lain:

· Gangguan pada kelenjar hipofisis di otak

· Kelebihan hormon prolaktin

· Kegagalan ovarium prematur, yaitu ketika ovarium (indung telur) berhenti melepaskan telur secara teratur ketika wanita berusia kurang dari 40 tahun

· Polycystic ovary syndrome (PCOS)

2. Adanya Penyumbatan Tuba Falopi

1617099333-gangguan-tidur-freepik-karlyukav.jpgSumber: Ilustrasi. (Freepik/karlyukav)

Penyebab wanita sulit hamil yang kedua karena adanya sumbatan pada tuba falopi. Masalah ini bisa disebabkan karena saluran tuba merupakan organ reproduksi yang menghubungkan ovarium dan rahim.

Saluran tuba lah yang akan membawa telur dari ovarium ke rahim. Namun jika terjadi sumbatan tuba falopi, maka sel telur tak bisa dibuahi oleh sperma sehingga kehamilan menjadi mustahil untuk terjadi.

3. Adanya Infertilitas Faktor Pria

1600517816-tidur2.jpgSumber: Tidur (Freepik)

Tak hanya disebabkan oleh wanita, kondisi sulit hamil juga bisa disebabkan oleh ketidaksuburan atau infertilitas pada pria loh! Penyebab sulit hamil juga bisa dikarenakan sperma yang tidak normal.

Ketidaksuburan pria dapat disebabkan oleh sejumlah alasan termasuk trauma, diabetes, dan kebiasaan tidak sehat seperti minum alkohol dan merokok.

Jadi sebaiknya ketika kamu mengalami kondisi sulit hamil, segeralah konsultasikan dirimu dan pasangan ke dokter.

4. Kondisi Berat Badan

1619053441-berat-badan-naik---freepik-rawpixel.jpgSumber: Berat badan naik. (Freepik/rawpixel)

Dilansir dari laman Better Health, masalah berat badan merupakan hal yang penting pada kesuburan kamu. Tak hanya kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga bisa menjadi penyebab sulit hamil.

Pada perempuan, masalah berat badan terutama obesitas, dikaitkan dengan kondisi polycystic ovary syndrome (PCOS) yang menjadi penyebab sulit hamil.

Jadi, Urbanreaders sebaiknya berhati-hati dan menjaga pola makan, ya! Meski menstruasi lancar, namun ketika badan mengalami obesitas, hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada kesuburan.

5. Merokok dan Konsumsi Alkohol

1605157832-Ilustrasi-minuman-beralkohol.jpgSumber: Ilustrasi Minuman Beralkohol. (Freepik)

Kebiasaan buruk satu ini ternyata bisa berdampak pada menurunnya kualitas dan jumlah sperma pada laki-laki. Dengan kualitas sperma yang kurang baik makan peluang kehamilan menurun akan menurun.

Sedangkan pada seorang wanita, merokok bisa membuat ovarium mengalami penuaan dan menyebabkan menopause dini. Selain itu, kamu mungkin bisa juga mengalami beberapa kerusakan organ reproduksi.  

Nah, itu tadi lima penyebab seorang wanita sulit mengalami kehamilan guys, semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait