beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tips Liburan Keluarga Hemat dan Nyaman ala Tya Ariestya

Fitri Nursaniyah,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Liburan Keluarga Hemat dan Nyaman ala Tya Ariestya
Image: Subs Media

Jakarta - Libur telah tiba, momen Hari Raya Idul Adha dan liburan kenaikan kelas untuk anak-anak sekolah banyak dimanfaatkan oleh keluarga Indonesia untuk menyusun agenda liburan.

Meskipun terdengar menyenangkan, mempersiapkan liburan ternyata tidak semudah itu, terkhusus bagi seorang ibu rumah tangga dan ibu bekerja. Selain harus menyelesaikan pekerjaan pribadi, menyiapkan barang-barang suami dan buah hati, seorang ibu juga harus siap mengatur keuangan keluarga agar dompet tidak 'kering' setelah liburan.

Eits, jangan khawatir ya Urbanreaders, karena Tya Ariestya sebagai kreator konten, pengusaha, dan ibu dari dua anak memiliki kiat-kiat sendiri dalam mempersiapkan liburan keluarga agar tetap hemat dan menyenangkan.

"Aku dan suami sejak dulu gemar travelling, ditambah anak-anak juga senang eksplor hal baru, liburan sudah jadi salah satu agenda wajib. Kebayang ya, liburan berempat tuh repotnya seperti apa, tidak hanya perlengkapannya saja, tapi kebutuhan selama liburan dan budget juga pastinya lumayan bikin pusing. Untungnya, di era serba digital ini, semua bisa dilakukan dengan lebih efisien, termasuk untuk urusan bayar dan transfer sana-sini aku sangat terbantu dengan kehadiran fitur transfer dari ShopeePay yang gratis biaya admin. Jadi aku bisa menikmati momen liburan dengan nyaman, gak perlu worry dengan urusan rumah dan pekerjaan, serta pastinya hemat,” tutur Tya.

Yuk, intip tips mempersiapkan liburan keluarga ala Tya Ariestya berikut ini:

Susun itinerary

Itinerary atau perencanaan perjalanan perlu disusun jauh-jauh hari loh Urbanreaders, agar liburan terstruktur sehingga waktu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Pemilihan destinasi liburan, akomodasi, serta aktivitas yang akan dilakukan juga sebaiknya ditentukan di awal, karena akan mempengaruhi anggaran yang perlu disiapkan.

"Menurut aku planning ini penting banget supaya kita hemat waktu dan tentunya bisa mengantisipasi pengeluaran tak terduga. Di sisi lain, aku jadi bisa menyiapkan rencana cadangan apabila rencana awal tidak memungkinkan,” ujar Tya.

Tya menambahkan, meskipun ia telah menyusun agenda harian ketika liburan, rencana bisa berubah sewaktu-waktu tergantung mood buah hatinya yaitu Muhammad Kanaka dan Muhammad Kalundra.

Pilih penginapan ramah anak

Bagi Tya, kenyamanan anak-anak ketika liburan adalah prioritas. Maka dari itu, ia selalu memastikan bagaimana fasilitas penginapan yang akan disewa saat liburan. Apakah ramah anak atau tidak. 

"Saat memilih penginapan, aku biasanya mencari tempat dengan lahan yang cukup lapang, tidak banyak tangga, dan aman untuk bermain anak, karena aku tahu kalau anak-anakku itu hobi banget lari sana-sini. Tempat makan pun aku berusaha memilih yang kids-friendly dengan sisi outdoor yang memadai atau punya fasilitas khusus anak bermain," ujar Tya.

Perhatikan budget liburan

Budget liburan biasanya telah disiapkan Tya dan suami dalam tabungan terpisah agar pengeluaran saat liburan tidak mengganggu kebutuhan rumah tangga atau apa pun yang lebih penting.

Kata Tya, dia dan suami akan menentukan target sejak awal menabung. Target itu dilatarbelakangi oleh ke mana destinasi wisata yang dituju hingga berapa lama durasi liburan berlangsung.

“Setiap liburan pasti punya variasi budget yang berbeda-beda. Karena itu, aku biasanya menyusun budget yang lebih mendetail untuk pengeluaran seperti penginapan, makan, dan belanja oleh-oleh. Setelah budget harian sudah ditentukan, aku biasanya akan menyimpan sebagian budget ke akun ShopeePay-ku. Ini berguna banget karena aku bisa track rincian pengeluaran selama liburan melalui riwayat transaksi, dan tentunya lebih hemat karena gak ada biaya transfer. Apalagi, sekarang limit saldonya lebih besar sampai 20 juta, jadi dompet kedua buat aku transfer ini itu bebas ribet,” ungkap Tya.

Bawa travel kit favorit

Ada trik jitu dari Tya agar anak-anak tidak rewel selama perjalanan. Salah satunya adalah membawa barang-barang favorit anak, termasuk makanan.

"Selain kebutuhan inti seperti pakaian, toiletries, obat-obatan, dan vitamin, aku juga biasanya menyiapkan travel kit berisi mainan, camilan, atau pernik simpel yang mengingatkan mereka dengan rumah," kata Tya.

"Saat liburan kadang ‘kan kita harus pindah-pindah lokasi dan transportasi yang bikin mereka jadi bete, ini ampuh banget untuk bikin mereka anteng dan bikin aku sama suami juga ikut lega. Misalnya Kalundra yang selalu bawa selimut favorit dia untuk menemani tidur," imbuhnya.

Pastikan kondisi rumah aman saat liburan

Liburan bukan berarti kamu bebas mengabaikan kondisi rumah ya, Urbanreaders. Ini juga diperhatikan oleh Tya Ariestya, ia mengaku sering meminta bantuan kerabat terdekat untuk mengecek kondisi rumahnya kala liburan.

Kehadiran teknologi berperan besar dalam membantu Tya dan suami memastikan kebutuhan rumah terpenuhi. Kehadiran fitur Transfer ShopeePay, misalnya, memungkinkan Tya untuk tetap memenuhi transaksi rumah tangga walau sedang berada jauh dari rumah, seperti transfer uang belanja, uang saku ART, iuran keamanan, gas dan listrik, hingga kebutuhan dapur dan rumah tangga lainnya dengan lebih hemat.

“Namanya menteri keuangan keluarga, aku pastinya mencari solusi nyaman dan hemat untuk kebutuhan di rumah. Fitur Transfer ShopeePay bagi aku berguna banget karena gratis gak ada biaya admin, mau transfer ke rekening bank ataupun wallet ShopeePay tiap hari, dan langsung sampai," ujar Tya.

Para ibu yang hendak liburan bersama keluarga bisa banget loh mengikuti tips dari Tya Ariestya. Langkah pertama adalah dengan menggunakan fitur Transfer ShopeePay di aplikasi Shopee. Nikmati keuntungan gratis biaya admin dan tanpa batas kuota untuk Transfer Ke Mana Pun, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank setiap hari. Makin seru, pengguna juga berkesempatan untuk mendapatkan bonus total miliaran rupiah dengan transaksi menggunakan fitur Transfer ShopeePay.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait