beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Liburan ke Borobudur? Coba 6 Kuliner Ini Yuk!

Griska Laras,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Liburan ke Borobudur? Coba 6 Kuliner Ini Yuk!
Image: Candi Borobudur/Pesona Indonesia

Jakarta — Borobudur menyimpan pesona alam yang luar biasa. Kecamatan di Magelang ini memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Candi Borobudur

Selain wisata sejarah, para wisatawan bisa mengeksplor kuliner lokal, yang khas dan legendaris. Dari mangut beong hingga nasi godog, berikut 5 hidangan yang wajib dicicipi saat liburan ke Borobudur!

1. Mangut Beong

1654596646-mangut-beong-copy.jpgSumber: Mangut Beong/Pesona Indonesia

Mangut Beong adalah salah satu kuliner khas Magelang yang cukup populer. Mangut merupakan masakan berkuah dengan cita rasa pedas gurih. Sementara beong adalah ikan yang hanya bisa ditemukan di Sungai Progo. 

Hidangan ini wajib banget dicoba para pecinta kuliner pedas. Daging beong yang lembut berpadu dengan gurihnya kuah santan dan irisan cabai bisa bikin kamu ketagihan. 

Kuliner mangut beong bisa dengan mudah ditemukan di beberapa rumah makan khas Magelang, terutama di sekitar Borobudur. Beberapa tempat makan mangut beong yang terkenal di antaranya, Mangut Beong Asli Borobudur dan Mangut Beong Sehati. 

2. Sego Godog 

1654596637-Nasi-Godog---jogjabikinlaper-copy.jpgSumber: Nasi godog/[email protected]

Selain mangut beong, kuliner khas Magelang lain yang cukup populer adalah sego godog. Dalam bahasa jawa, ‘sego’ memiliki arti nasi dan ‘godog’ merupakan proses memasak dengan cara merebus. Hidangan ini dimasak dengan merebus mi kuning dengan campuran telur orak-arik, kol, dan nasi. Nasi godog biasa ditemukan di warung nasi goreng kaki lima, tapi juga bisa ditemukan di beberapa restoran. 

3. Lesah Magelang  

1654597216-lesah-magelang.jpegSumber: Nasi Lesah Magelang/Namin Agus

Jika dilihat dari tampilan dan isian, lesah atau nasi lesah mirip dengan soto ayam. Bedanya, kuah lesah lebih gurih dan kental karena memakai santan kelapa. 

Selain itu, cara penyajian hidangan ini juga cukup unik. Bihun, ayam suir, kubis telur rebus, dan nasi disajikan bersamaan dengan kuah. 

Sayangnya lesah kini sudah sulit ditemukan. Beberapa tempat makan yang masih menjual masakan ini di antaranya, Nasi Lesah Pak Badut dan Nasi Lesah Sanjaya. 


4. Sop Senerek 

1654596654-sop-senerek.jpegSumber: Sop senerek/Freepik

Sop senerek nggak jauh berbeda dengan sop daging pada umumnya, berkuah bening dengan cita rasa gurih. Tapi bahan utama sop ini adalah porsi senerek atau kacang merah yang lebih banyak dari sayuran lain. Konon, sop senerek merupakan kuliner warisan kolonel snert soup (sup kacang polong) yang sudah dimodifikasi dan diganti dengan kacang merah. 

5. Kupat Tahu 

1654596642-kupat-tahu-copy.jpgSumber: Kupat tahu/Pesona Indonesia

Ada banyak jenis kupat tahu dari berbagai daerah, tapi yang paling terkenal dari Magelang. Tampilan kupat tahu mirip dengan ketoprak, yang membedakan ada di isian dan bumbu.  

Berbeda dari ketoprak yang cenderung gurih, hidangan ini lebih manis karena disiram kuah kecap. Isiannya juga lebih lengkap, terdiri dari ketupat, mi, bakwan, tauge, kol, dan tahu yang disiram dengan bumbu kacang manis. Cocok buat sarapan ataupun makan siang. 

6. Es Pleret 

1654596660-es-pleret-pesona-indonesia.jpegSumber: Es pleret/Pesona Indonesia

Es pleret bisa jadi pilihan jika ingin minum yang segar-segar. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk pipih. Rasa kenyal pleret yang berpadu dengan gula aren, santan, dan es batu cocok banget diminum di siang hari. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait