beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Keajaiban Dunia Berdasarkan Hasil Polling, Ada Candi Borobudur?

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Keajaiban Dunia Berdasarkan Hasil Polling, Ada Candi Borobudur?
Image: Candi Borobudur (Foto: Pixabay/qwertyvied)

Jakarta - Diantara banyaknya tempat wisata memukau yang ada di seluruh negeri, terdapat tujuh keajaiban dunia yang sering dikunjungi oleh para wisatawan loh, dan Candi Borobudur disebut-sebut pernah menjadi salah satunya. 

Namun, kini destinasi wisata mengagumkan itu masuk dalam daftar ‘The Forgotten Wonders’ loh. Wah, kira-kira kenapa ya, Urbanreaders? 

Sebelum mengetahuinya, yuk simak tujuh keajaiban dunia pilihan masyarakat dunia berikut ini!

1. Taj Mahal, India

1657793285-Taj-Mahal.jpgSumber: Instagram/tajmahalindiaofficial

Taj Mahal dianggap sebagai salah satu contoh terbaik Arsitektur Mughal. Masyarakat setempat menganggap bangunan ini sebagai bukti kisah cinta yang indah. Pasalnya, tempat ini dibangun oleh seorang kaisar untuk istrinya, sangat romantis ya?

Jika kamu ingin berkunjung ke sini, akan dikenakan harga tiket masuk sebesar 1.200 rupee atau sekitar Rp 240 ribu. Selain itu, untuk ke kubah utama, kamu harus membayar sebesar 1.600 rupee atau sekitar Rp 300 ribu.

2. Tembok Besar Cina

1657793336-Tembok-besar-cina.jpgSumber: Instagram/_.great_wall_of_china._

Lokasi yang satu ini dinilai begitu menakjubkan, karena dibangun di antara pegunungan dan membentang dari Bei Liu Lou hingga Nan Wu Lou Ban. Tembok ini diketahui dibangun pada abad ke-7 dan berjarak hampir 9000 kilometer (km). Wah, jauh banget ya, Urbanreaders!

Tiket Tembok Besar Cina area Badaling dihargai 35 yuan Cina atau sekitar Rp 80.00 pada low season. Sementara tiket untuk high season biasanya dibanderol 40 yuan Cina atau sekitar Rp 91.000.

3. Colosseum, Italia

1657793379-Colosseum.jpegSumber: Pinterest/The Republic of Rose

Dibangun pada abad ke-1, amfiteater ini memiliki masa lalu yang kelam dengan para Gladiator yang bertarung sampai mati loh. Hewan disalahgunakan di sini dan diperkirakan setengah juta orang serta hampir satu juta hewan mati di dalamnya. 

Karena sejarahnya yang mengerikan dan bangunannya yang menakjubkan itu lah Colosseum sering dikunjungi oleh jutaan orang setiap tahunnya. Untuk ke sini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 16 Euro atau sekitar Rp 250 ribu per orangnya.

4. Petra, Yordania

1657793420-Petra.jpegSumber: Pinterest/Helena Bradbury

Dibangun pada abad ke-4 SM oleh kerajaan Nabataean, salah satu keajaiban dunia ini dikunjungi oleh lebih dari 450 ribu wisatawan pada 2016. Tempat yang menjadi lokasi strategis untuk rute perdagangan sutra dan rempah-rempah ini jatuh ke Kekaisaran Romawi pada 106 Masehi.

Jika kesini, kamu perlu merogoh kocek yang cukup besar, yakni 50 dinar Yordania atau sekitar Rp 1 juta. Meski terbilang mahal, kamu sudah bisa melihat sebuah kota yang dipahat di batu loh. Sangat menakjubkan bukan?

5. Patung Christ the Redeemer, Brazil

1657793469-Patung-Christ.jpegSumber: Pinterest/WallpaperSafari

Selanjutnya, tempat yang dibangun oleh Keuskupan Agung Katolik Roma ini baru dibangun pada 1926 dan selesai di tahun 1931. Berlokasi di Rio de Janeiro, patung 'Christ the Redeemer' dibangun dengan tinggi 125 kaki atau sekitar 38 meter. 

Patung tersebut dianggap sebagai patung Art Deco terbesar di dunia yang terletak di atas gunung setinggi 710 meter loh. Hati-hati jika kamu datang ke sini saat musim liburan ya, sebab akan sangat dipenuhi oleh para turis. 

6. Machu Picchu, Peru

1657793502-Machu-Picchu.jpegSumber: Pinterest/Henry Bian

Kota kuno menakjubkan yang terletak di pegunungan Andes ini ditemukan oleh orang Eropa pada 1911. Machu Picchu yang berada di ketinggian 2.400 meter ini diyakini sempat dihuni oleh sekelompok masyarakat Suku Inca pada tahun 1600-an. 

Kamu akan disambut dengan bangunan yang arsitekturnya diintegrasikan dengan bahan-bahan alami. Dinding dan terasnya pun dibentuk dari batu-batu yang dipotong secara manual. Wah, menarik ya, Urbanreaders.

7. Chichen Itza, Meksiko

1657793536-Chichen-Itza.jpegSumber: Pinterest/nnphotographies

Keajaiban dunia yang terakhir ini dibangun pada tahun 600 Masehi yang kala itu merupakan peradaban suku Maya. Chicken Itza merupakan kota Maya kuno yang terletak di Semenanjung Yucatan. 

Di sini kamu bisa melihat bangunan piramida yang menjulang tinggi dan diketahui memiliki 365 anak tangga. Tiket masuknya dibanderol 533 dolar Meksiko atau sekitar Rp 393 ribu untuk dewasa dan Rp 59 ribu untuk anak-anak.

Lalu, Kemana Candi Borobudur?

Ternyata, pemilihan tujuh keajaiban dunia tadi ditentukan oleh polling yang dilakukan yayasan di Swiss pada tahun 2000. Jadi, bukan berasal dari keputusan UNESCO.

Polling yang dirilis pada tahun 2007 itu kemudian mendapatkan kecaman dari sejumlah pihak lantaran dinilai kurang pas bila menentukan keajaiban dunia dengan cara seperti itu.

Hasil yang keluar tentunya berdasar pada eksistensi tempat wisata tersebut di tengah masyarakat, bukan dinilai dari keunikan atau sejarahnya.

Saat ini Candi Borobudur justru masuk dalam daftar ‘The Forgotten Wonders’ atau keajaiban yang terlupakan. Seperti yang diketahui, situs-situs yang masuk dalam daftar ‘terlupakan’ itu karena kurang dikenal oleh para sejarawan dan arsitek dunia. 

Meski begitu, Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah tersebut masih diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Pihaknya secara tegas mengatakan bahwa tidak memiliki keterkaitan apa pun dalam proses dan hasil polling tersebut. Hal itu merupakan inisiatif pribadi dan UNESCO memilih untuk tidak ikut campur dalam hal apa pun.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait