beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Suci Nabila Azzahra,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Makanan Khas Kuningan Jawa Barat yang Wajib Dicoba
Image: Ilustrasi - Tahu kecap atau Hucap, salah satu makanan khas Kuningan. (Pinterest)

Jakarta - Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang tak hanya memiliki anugerah dalam bentuk pesona alam yang indah, tetapi juga ragam kuliner yang mampu menggoyang lidah.

Dijamin, kamu tak akan kehabisan pilihan sajian kuliner khas Kuningan untuk dinikmati saat kamu mengunjungi kota kuda ini. Yuk, simak rekomendasi makanan khas Kuningan yang tak boleh terlewat untuk kamu coba berikut ini!

1. Hucap

Nama makanan ini diambil dari singkatan dua bahan utamanya, yaitu tahu dan kecap. Secara penyajian, makanan ini tampak mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Akan tetapi, dari segi rasa yang ditawarkan sangat berbeda dan unik karena adanya bumbu kacang dan kecap yang banyak. 

Penggunaan kecap yang cukup banyak menghasilkan rasa manis yang lebih dominan, dengan paduan tahu goreng dan ketupat yang gurih membuatnya sangat seimbang.

2. Kwecang

1662003414-2.JPGSumber: (Pinterest)

Salah satu makanan khas Kuningan yang paling terkenal ialah kwecang. Sekilas makanan ini sangat mirip dengan bacang. Namun bedanya ada di rasa, yaitu bacang memiliki cita rasa gurih dengan isi potongan daging atau sayuran, kwecang Kuningan memiliki rasa yang manis.

Kwecang dibuat dengan bahan dasar beras ketan yang dicampur dengan air kapur dan kemudian dibungkus menggunakan daun bambu. Kwecang biasanya disajikan dengan gula pasir sebagai tambahan untuk dicocol.

3. Golono

Banyak orang beranggapan bahwa ampas tak bisa diolah untuk jadi makanan lezat. Tampaknya, anggapan itu harus dibuang jauh jauh karena Kuningan memiliki camilan Golono yang sangat nikmat. 

Bahan yang dipakai untuk membuat camilan ini berasal dari ampas tahu dengan campuran bumbu serta rempah rempah. Tak lupa menambahkan tepung lalu adonan ini digoreng hingga matang agar dapat dinikmati selagi hangat.

4. Tahu Lamping

1662003443-4.JPGSumber: (Indonesia Kaya)

Tahu Lamping dikenal sebagai tahu khas dari Kabupaten Kuningan, dengan cita rasa yang dipercaya lebih nikmat dari pada tahu yang sudah populer dari Sumedang. Tekstur di bagian dalamnya lembut dan padat, dengan rasa gurih yang cocok dipadu dengan cabai rawit. 

Penamaan lamping ini merujuk pada tempat asal pembuatan tahu, yaitu daerah Lamping. Tak heran, banyak wisatawan yang memadati daerah tersebut di musim liburan karena rindu cita rasanya.

5. Sop Buntut Bakar

Makanan khas Kuningan satu ini membuat mereka yang menyantapnya ketagihan, karena cita rasa serta rempah rempah yang digunakan sangat kuat. Banyak yang terheran heran dengan sajian satu ini karena menjadi salah satu makanan yang tidak biasa. 

Pada umumnya, kamu akan menjumpai sop buntut dengan hidangan berkuah yang sangat ikonik. Akan tetapi, kuningan memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan aroma bakaran yang sangat khas.

6. Rujak Kangkung

Jika kamu bosan dengan rujak buah, tak ada salahnya mencicipi rujak kangkung khas Kuningan. Kabupaten Kuningan punya rujak kangkung yang siap memanjakan lidah kamu dengan kelezatannya.

Rujak kangkung yang memiliki cita rasa pedas ini disiram dengan bumbu rujak dengan tambahan asam jawa yang membuat rasanya lebih segar.

7. Papais

1662003470-7.JPGSumber: Papais

Jajanan tradisional yang berasal dari Kuningan satu ini dibuat dari beras ketan atau ketela pohon. Setelah itu, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Akan tetapi, kamu akan menjumpai berbagai jenis papais dengan isian yang berbeda-beda pula. 

Beberapa contohnya, antara lain papais bugis dengan parutan kelapa dan gula aren, papain monyong dengan kacang hijau, dan ada pula papais yang tidak memakai isian.

Nah, itulah 7 makanan khas Kuningan yang wajib banget kamu coba. Selamat mencoba, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait