Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan HUT ke -76 TNI

Griska Laras,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Atraksi Pesawat Tempur Meriahkan HUT ke -76 TNI
Image: Helikopter TNI AU/Inatagram@militer.udara

Jakarta - Peringatan hari ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) digelar hari ini, Selasa (5/10/2021) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Upacara dimeriahkan dengan atraksi udara.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto menyebut ada delapan helikopter dan delapan belas pesawat tempur TNI yang akan melakukan demonstrasi di atas langit Jakarta.

Delapan helikopter TNI dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) dengan call sign 'Trimatra Flight' akan melintas di langit Jakarta dengan membawa bendera Merah Putih dan bendera TNI.

Kedelapan helikopter ini terbagi dalam dua elemen penerbangan. Elemen pertama terdiri dari satu helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara  6 Lanud Atang Sendjaja dan tiga helikopter AH-64 E Apache Skadron 11/Serbu TNI AD. Kelompok ini akan membawa bendera Merah-Putih.

"Elemen kedua terdiri dari satu helikopter EC 725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dan 3 helikopter AS565 MBe Panther Skadron Udara 400 Wing II TNI AL. Kelompok ini  membawa bendera TNI," kata Edys.

Sementara 18 pesawat tempur TNI AU terdiri dari 6 pesawat tempur T50i Golden Eagle 'Golden Flight' (Skadron Udara 15), 6 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon 'Dragon Flight' (Skadron 3), dan 6 pesawat tempur SU-27/30 'Bajra Flight' (Skadron Udara 14 dan 11).

"Enam pesawat tempur SU-27/30 'Bajra Flight' (Skadron Udara 14 dan 11) akan melakukan terbang formasi 'arrow head' dan manuver 'bomb burst' tepat di atas Istana Merdeka," jelas Edys.

Selain melakukan atraksi pesawat tempur, TNI juga menampilkan 112 alat utama sistem persenjataan di sekitar Istana Merdeka.  

Upacara peringatan HUT ke-76 TNI diselenggarakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Upacara tersebut hanya akan melibatkan 28 personel TNI. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait