beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Mengenal KH Ahmad Sanusi, Pahlawan Nasional Asal Jawa Barat

Ardha Franstiya,
11 November 2022 16.23.50 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal KH Ahmad Sanusi, Pahlawan Nasional Asal Jawa Barat
Image: Almarhum KH. Ahmad Sanusi. (Dok. Pemprov Jabar)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh, termasuk almarhum KH Ahmad Sanusi dari Jawa Barat di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Penganugerahan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 96 TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta pada 3 November 2022 lalu.

Selain almarhum KH Ahmad Sanusi, ada 4 tokoh lainnya yang menerima gelar pahlawan nasional, yakni almarhum Dr. dr. HR Soeharto asal Jawa Tengah, almarhum dr. Raden Rubini Natawisastra dari Kalimantan Barat, KGPAA Paku Alam VIII dari Daerah Istimewa Yogyakarta serta almarhum H. Salahuddin bin Talabuddin dari Maluku Utara.

Bagi kamu yang ingin mengenal sosok almarhum KH Ahmad Sanusi, berikut profilnya!

Almarhum Kyai Ahmad Sanusi adalah salah satu anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang belum mendapat gelar pahlawan nasional.

KH Sanusi adalah tokoh Islam yang ikut berjasa menghasilkan kompromi lahirnya negara Pancasila. 

"Dari semula ada sisi kanan yang ingin menjadikan negara Islam. Yang dari sisi kiri mau menjadikan negara sekuler. Kemudian diambil jalan tengah lahirlah ideologi Pancasila sesudah menyetujui pencoretan tujuh kata di Piagam Jakarta," ujar Menkopolhukam Mahfud MD.

Sebelum kemerdekaan, KH Sanusi adalah tokoh masyarakat yang memperjuangkan keadilan untuk rakyat di tengah tatanan kolonial. Ia bertahun-tahun ditahan oleh pemerintah kolonial.

Selain jadi sosok pejuang, KH Sanusi yang sempat nyantri di Mekah itu juga seorang intelektual. Ia menulis 126 judul buku semasa hidupnya, mulai dari soal fiqih, tasawuf, kalam, dan banyak lainnya.

Berdasarkan artikel karya Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PUI, Dr KH Munandi Saleh, MSi, dalam laman pui.or.id,  dituturkan bahwa K H Ahmad Sanusi adalah salah seorang ulama pendiri PUI setelah KH Abdul Halim.

Ia lahir pada malam Jumat tanggal 12 Muharram 1306 H, atau 18 September 1888 Masehi, di Kampung Cicantayan , Desa Cicantayan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait