Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Menkop Teten: 15,9 Juta UMKM Sudah Terhubung Ekosistem Digital

Griska Laras,
16 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Menkop Teten: 15,9 Juta UMKM Sudah Terhubung Ekosistem Digital
Image: Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki (BPMI Setpres)

Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terhubung ke ekosistem digital naik hampir 100 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Teten menyebut kini sudah ada 15,9 juta UMKM yang bergabung dengan e-commerce.

“Pemerintah Indonesia terus mendorong UMKM untuk bisa bertransformasi digital. Saat ini sudah ada 15,9 juta usaha yang terhubung ke dalam ekosistem digital. Jumlahnya naik hampir 100% dibandingkan sebelum pandemi," kata Teten saat memberi sambutan di acara Lazada Seller Conference 2021.

Di tengah upaya pemulihan perekonomian Indonesia, UMKM perlu bersikap adaptif dan inovatif. Menurut Teten, bergabung dengan e-commerce jadi salah satu cara agar UMKM bisa bertahan dan bertumbuh.

“Dengan terhubung ke dalam ekosistem digital seperti eCommerce, menjadi salah satu peluang bagi UMKM untuk tumbuh ekspansif dan bisa lebih mudah menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, serta menjadi pahlawan ekonomi digital Indonesia,” paparnya.

Teten berharap semakin banyak UMKM yang bertransformasi secara digital dalam beberapa tahun ke depan. Dia menargetkan 30 juta usaha kecil dan menenang bergabung dengan e-commerce pada 2024.

"Kami menargetkan sebanyak 30 juta UMKM ditargetkan terhubung ke dalam ekosistem digital pada 2024," pungkasnya.

Untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM, ecommerce Lazada kembali menyelenggarakan 'Lazada Seller Conference 2021' 6-7 Oktober.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara internal Lazada dan juga pembicara eksternal untuk berbagi pengetahuan dan wawasan terkini bagi para penjual yang ingin terus mengembangkan bisnisnya di ranah digital bersama Lazada.

Dalam konferensi dua hari ini, para penjual di Lazada bisa mempelajari berbagai strategi untuk meningkatkan traffic serta mendorong penjualan saat festival belanja akhir tahun nanti.

Selain Lazada Seller Conference, Lazada rutin mengadakan webinar edukasi, memproduksi dan menyiarkan Edutainment Series, menyelenggarakan LazStar Academy, sebuah pelatihan Lazada dengan partisipan terbatas dan trainer bersertifikasi, serta program Masa Orientasi Seller – MOS.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait