Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Pembalap Rifat Sungkar Beberkan Tips Mudah Merawat Mobil Mitsubishi

Anisa Kurniasih,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pembalap Rifat Sungkar Beberkan Tips Mudah Merawat Mobil Mitsubishi
Image: Pembalap nasional Rifat Sungkar (@rifato/Instagram)

Jakarta - Memiliki mobil pribadi itu berarti kita juga harus siap merawatnya termasuk seluruh komponen yang ada. Nah, jika kalian berpikir merawat kendaraan roda empat tak semudah yang dipikirkan, kalian tak perlu khawatir guys.

Pembalap nasional Rifat Sungkar punya nih tips untuk memelihara mobil khususnya untuk kamu pemilik mobil Mitsubishi. Menurutnya, tips yang paling ampuh untuk menjaga kendaraan adalah dengan melihat jarak tempuh atau pergantian oli atau pelumas, guys.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia itu mengatakan, oli atau pelumas merupakan salah satu kebutuhan utama yang membantu kinerja mesin, sehingga pemilihan pelumas yang tepat dapat memaksimalkan kinerja sekaligus menjaga keawetan kendaraan.

"Oli harus dijaga kondisinya. Karena oli ibarat 'darah' dalam sebuah mobil. Pastikan ganti oli tepat waktu dan sesuai jarak yang sudah ditentukan buku pedoman," katanya dalam Virtual Media Session Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru-baru ini.

Rifat mengatakan, ada banyak tawaran yang menarik di pasar pelumas, namun guys yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi setiap mobil Mitsubishi yang tertera di dalam buku panduan.

“Jadi pakai oli yang sesuai panduan di buku servis. Jangan coba coba karena kita ingin mengoptimalkan program garansi di kendaraan kita," terangnya.

Nah, ada lima jenis pelumas pada mobil, yakni oli mesin, minyak rem, oli transmisi, oli gardan, dan oli power steering. Dalam perawatannya guys, kelima jenis oli pelumas ini mempunyai kriteria dan ketentuan penggunaan berbeda loh.

1601528433-Mitsubishi-Xpander.jpgSumber: Mitsubishi Xpander (mitsubishi-motors.co.id)

Untuk oli mesin ganti secara berkala sesuai dengan aturan jarak tempuh atau jangka waktu. Biasanya setiap 10.000 kilometer atau enam bulan sekali, tergantung mana lebih dulu tercapai. Penggunaan oli disesuaikan dengan jenis atau tipe kendaraan, seperti mobil bermesin bensin dan bermesin diesel.

"Pakai oli yang direkomendasikan pabrikan, lalu selalu cek level oli mesin. Pastikan tidak ada kebocoran oli pada mobil," imbuh Rifat.

Selain masalah Oli atau pelumas, komponen lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah minyak rem. Menurutnya, penggantian minyak rem memang sudah terjadwal.

"Ganti minyak rem sesuai rekomendasi dari pabrikan, biasanya ganti minyak rem setiap 20.000 kilometer atau 2 tahun," ujar dia.

Pembalap Mitsubishi sekaligus penggagas Xpander Rally Team (XRT) itu menjelaskan, perlu diingat jangan menambah minyak rem, jika berkurang itu tandanya kampas rem sudah menipis atau ada kebocoran minyak rem. Lalu gunakan minyak rem sesuai dengan spesifikasi pada mobil, karena titik didih minyak rem berbeda dari masing-masing spesifikasi.

Disisi lain, perawatan oli transmisi dan oli gardan yang harus diingat adalah kedua pelumas itu berbeda. Dari fungsi, takaran penggunaan, spesifikasi oli, dan periode penggantiannya.

1612664460-mobil-pajero-sport-4.jpegSumber: Tampilan gagah mobil Mitsubishi Pajero Sport edisi terbatas (Mistubishi)

"Kebutuhan oli ini dapat dilihat dalam buku panduan kendaraan (manual book) di setiap mobil. Oli transmisi matic biasanya menggunakan SAE 40 atau 90, sedangkan oli gardan biasanya menggunakan SAE 90 sampai dengan 140," ucap Rifat.

Sedangkan oli power steering, sebaiknya diganti maksimal setiap 40.000 kilometer atau sesuai ketentuan dari pabrikan. Gunakan oli power steering yang tepat.

"Jika spesifikasi oli gak sesuai, power steering bisa cepat rusak. Tanda-tanda power steering rusak biasanya akan terasa berat saat dibelokkan," tandas Rifat.

Di Kesempatan yang sama, Head of After Sales Marketing & Promotion Section After Sales Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tegar Ardisura Rahaja mengatakan, sepanjang bulan September, MMKSI memberikan promo bertajuk ‘September Service Ceria’ bagi pengguna Mitsubishi yang melakukan perawatan berkala.

"Program yang berlangsung mulai tanggal 1 - 30 September ini bertujuan untuk meningkatkan awareness dan mengonsumsi oli genuine Mitsubishi, battery dan ban dari dealer resmi kami," kata Tegar.

Setiap konsumen yang ikut campaign ini mereka dapat gratis 1 liter oli Mitsubishi Motors Genuine Oil (MMGO) bagi pemilik kendaraan penumpang dan niaga ringan MMKSI.

Selain itu, ada juga diskon 10% bagi para konsumen yang melakukan penggantian atau pembelian genuine battery untuk pengguna XPander, Pajero Sport, dan All New Pajero Sport.

Kemudian ada diskon hingga 30% untuk setiap penggantian atau pembelian ban Bridgestone atau Dunlop. Promo terakhir ini khusus berlaku untuk pelanggan yang menggunakan model Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, dan All New Pajero Sport.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait