beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Roundup 10 November: Ketidakhadiran Putin hingga Kebocoran Data Pengguna MyPertamina

Urbanasia,
11 November 2022 22.00.02 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 10 November: Ketidakhadiran Putin hingga Kebocoran Data Pengguna MyPertamina
Image: Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Dok. Kremlin)

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Kamis (10/11/2022) nih, Urbanreaders! di antaranya, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak hadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali.

Kemudian mengenai, saran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah untuk para pengusaha, hingga Bjorka beraksi lagi dengan umbar data 44 juta pengguna MyPertamina.

Nah, biar nggak penasaran, berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini!

1. Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tidak Hadiri KTT G20 di Bali

1664971584-Putin---Kremlin.jpegPresiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Dok. Kremlin)

Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan tidak menghadiri penyelenggaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali pada pekan depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Protokol Keduataan Besar Rusia Yulia Tomskaya yang mengatakan bahwa delegasi Rusia akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden Putin masih sedang dikerjakan, dia bisa berpartisipasi secara virtual, " ujar Yulia Tomskaya di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Baca Selengkapnya: Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tidak Hadiri KTT G20 di Bali

2. Menaker Usul Gaji dan Fasilitas Bos Dipangkas untuk Cegah PHK Karyawan

1646202247-menaker-ida-fauziyah.jpgMenaker Ida Fauziyah. (Dok, Kemnaker)

Ancaman resesi global yang diprediksi terjadi pada tahun 2023 mendatang menimbulkan kekhawatiran di dunia kerja. Salah satunya terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dikhawatirkan marak terjadi. 

Namun demikian, Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah mengingatkan agar para pengusaha menjadikan PHK sebagai opsi terakhir saat kondisi sulit melanda.

Ida menyarankan, para pengusaha mengambil langkah lain sebelum memutuskan PHK. Salah satunya memangkas gaji dan tunjangan karyawan level atas seperti direktur atau manajer. 

Baca Selengkapnya: Menaker Usul Gaji dan Fasilitas Bos Dipangkas untuk Cegah PHK Karyawan

3. Peringati Hari Pahlawan, Moeldoko Ingatkan 3 Tantangan Bangsa Indonesia

1657805760-Moeldoko.jpgKepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (Twitter @KSPgoid)

Dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2022, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengingatkan tiga tantangan Bangsa Indonesia, seperti bonus demografi, disrupsi berbagai aspek dan ketidakpastian situasi global.

Ketiga aspek tersebut disampaikan Moeldoko saat menghadiri Seminar daring Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT) bertema ‘Kepahlawanan dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kebangsaan’ di Jakarta, Kamis (10/11/2022).

"Tantangan yang ditimbulkan dari kehadiran bonus demografi yakni tingginya tenaga kerja dengan pendidikan menengah ke bawah dan daya saing tenaga kerja yang relatif rendah," ujar Moeldoko.

Baca Selengkapnya: Peringati Hari Pahlawan, Moeldoko Ingatkan 3 Tantangan Bangsa Indonesia

4. Jokowi Tandatangani Keppres WNI untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat

1663662614-Jordi-Amat-dan-Sandy-Walsh.jpgJordi Amat dan Sandy Walsh. (Instagram @jordiamat5)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberian Kewarganegaraan Indonesia kepada dua pesepakbola, Sandy Walsh dan Jordi Amat.

"Keppres sudah ditandangani dan tinggal proses sumpah,'' ujar Zainudin Amali di Jakarta, mengutip ANTARA, Kamis (10/11/2022).

Sandy Walsh sendiri menerima Keppres bernomor 5/PWI tahun 2022, sedangkan Jordi Amat menerima Keppres bernomor 6/PWI tahun 2022.

5. Bjorka Beraksi Lagi, Umbar Data 44 Juta Pengguna MyPertamina

1663130995-Bjorka1.jpgakun Twitter Bjorka (Foto: AntaraNews)

Lama tak terdengar, Bjorka nongol lagi. Aksinya kali ini mengumbar data 44 juta pengguna MyPertamina. Seperti sebelumnya, data tersebut dijajakannya di situs BreachForum. Bjorka menjualnya seharga Rp 392 juta dalam bentuk BitCoin.

"MyPertamina adalah platform layanan keuangan digital dari Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini dipakai untuk pembayaran BBM non-tunai di SPBU Pertamina," tulisnya dikutip Urbanasia, Kamis (10/11/2022).

Bocoran data yang diumbar terdiri dari file terkompresi berukuran 6 GB dan tak terkompresi sebanyak 30 GB. File tersebut adalah hasil pembobolan November 2022.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait