menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 1 Mei 2021

Urbanasia,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 1 Mei 2021
Image: Vaksin Sinovac. (dok. Sinovac)

Jakarta -- Seperti tahun-tahun sebelumnya, aksi peringatan Hari Buruh atau yang biasa disebut May Day selalu jadi sorotan. Begitu pun tahun ini di mana Hari Buruh berlangsung di tengah suasana pandemi dan bulan Ramadan. Pembatalan Omnibus Law atau UU Cipta Kerja masih menjadi poin tuntutan para buruh karena dinilai merugikan hak-hak pekerja. 

Selain itu, ada juga berita tentang kedatangan tambahan dosis vaksin COVID-19 yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta tanggal 30 April 2021 dan meningkatnya minat baca warga Jakarta. Langsung saja, ini dia Roundup Top 5 News Urbanasia hari ini. 

1. Dua tuntutan Hari Buruh 2021: Cabut UU Ciptaker dan pemberlakuan UMSK

1619845571-MayDay.jpegSumber: Peringatan Hari Buruh (Twitter @FSPMI_KSPI)

Tahun ini serikat buruh masih menuntut dicabutnya Omnibus Law atau Undang Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) No 11 tahun 2020. Untuk poin ini, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama mahasiswa dan elemen buruh lainnya menggelar aksi demo May Day di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta Pusat.

Mereka mendesak MK untuk memenangkan uji formil dan uji materiil yang diajukan buruh. Serikat buruh juga menuntut pemberlakuan kembali Upah Minimum Sektoral Kota/Kabupaten (UMSK) yang resmi dicabut Februari 2021 lalu. 

Menanggapi tuntutan yang sudah berlangsung sejak akhir tahun 2019 ini, Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan DPR RI konsisten mengutamakan dan memperjuangkan aspirasi buruh. Salah satunya dengan mendorong pemerintah melibatkan kelompok buruh dalam membahas aturan turunan UU Ciptaker. 

2. Kedatangan Vaksin Tahap ke-10, Indonesia Terima 6 Juta Dosis Sinovac 

1619868098-Vaksin.jpegSumber: Kedatangan vaksin tahap 10 di Indonesia. (AntaraFoto/Muhammad Iqbal)

Menteri Kominfo Johnny G Plate menerima tambahan 6 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk bahan baku dan 482.400 dosis vaksin bentuk jadi Sinopharm di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (30/4/2021). Hal ini menandai kedatangan vaksin tahap ke-10 sebagai bukti konsistensi pemerintah dalam mengamankan pasokan untuk rakyat Indonesia di tengah situasi dunia yang berlomba-lomba mendapatkan vaksin Covid-19. 

Sedangkan bagi Sinopharm, kedatangannya di Indonesia akhir April jadi yang pertama untuk vaksin jenis ini setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) vaksin buatan China National Pharmaceutical Group Corporation ini. Namun Menkominfo menegaskan, vaksin tetap harus dibarengi oleh penerapan protokol kesehatan sebagai bentuk kedisplinan. 

3. Klaim Literasi Naik, Anies Siap Jadikan Jakarta Kota Buku Dunia 

1619614153-anies-baswedan.jpgSumber: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Halaman Museum Fatahillah, Teman Sari, Jakarta Barat, Rabu (28/4). (Dok. Pemprov DKI)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim minat baca warga meningkat berkat program-program unggulannya. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengikuti pencalonan UNESCO World Book City (WBC) pada 2023. Proposalnya telah dikirim pada 15 April 2021 dengan mengusung tagline 'Eja.kar.ta Everybody’s Reading'.

"Ada 19 persen penerbit buku di Indonesia berada di Jakarta dan telah mendaftarkan 14.906 ISBN hingga tahun 2020. Selain itu, Jakarta juga menyumbang 25 persen koleksi digital nasional," kata Anies dalam keterangan resminya, Sabtu (1/5/2021).

Menurutnya angka ini cukup signifikan dalam menempatkan Indonesia sebagai negara paling produktif dalam industri penerbitan di Asia Tenggara pada 2019.  Jakarta juga telah menjadi tempat penyelenggaraan sejumlah acara literasi, mulai dari Indonesia International Book Fair (IIBF), Jakarta International Literary Festival (JILF), hingga Jakarta Content Week (Jaktent).

4. Persipura Jayapura Langsung Masuk Fase Grup Piala AFC 2021 

1619836039-persipura.jpgSumber: Persipura Jayapura langsung masuk fase grup Piala AFC 2021 (lG @galery_persipura)

Dari olahraga nasional ada kabar menggembirakan dari Persipura Jayapura yang langsung lolos ke fase grup Piala AFC 2021. Tim Mutiara Hitam tidak perlu menjalani fase playoff setelah dua klub asal Myanmar, Shan United dan Hantharwady United, mundur karena situasi politik di dalam negeri. Alhasil, keduanya tidak mungkin melanjutkan kiprahnya di kompetisi Liga Champions atau Piala AFC.

"AFC telah menerima konfirmasi dari Federasi Sepakbola Myanmar (MFF) soal mundurnya Hantharwady United dan Shan United dari Piala AFC dan Liga Champions Asia,' tulis pernyataan resmi AFC.

Di tiga pertandingan pertamanya akhir Juni dan awal Juli nanti, Persipura akan melawan Kedah Darul Aman asal Malaysia, Lion City Sailors asal Singapura dan Saigon FC asal Vietnam.

5. Vincenzo Tamat Pekan Ini, Song Joong Ki Gelar Virtual Fan Meeting 

1606198048-soong-joong-ki.jpgSumber: Song Joong Ki. (Instagram @historydnc)

Drama Korea 'Vincenzo' yang tayang di Netflix sudah mencetak rating fantastis. Setelah episode terakhir serial ini, pemeran utamanya, Song Joong Ki, dijadwalkan menyapa para penggemar melalui acara fan meeting virtual di kanal YouTube HiSTORY D&C pada 7 Mei.

Fan meeting bertajuk 'Song Joong Ki Live' ini akan digelar secara langsung. Song Joong Ki berharap bisa membalas cinta penggemar setia yang selalu mendukungnya. Menurut pemberitaan yang beredar, fans sempat kecewa akibat perceraian aktor kelahiran Daejeon ini dengan Song Hye Kyo.

Karir Joong Ki pun sempat meredup dan berbuntut pada turunnya rating 'Arthdal Chronicles', drama fantasi yang dibintangi Joong Ki pada 2019. Namanya kembali melambung berkat film 'Space Sweepers' dan Vincenzo yang selalu meraih rating tinggi di tiap penayangannya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait