menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 9 April 2021

Urbanasia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 9 April 2021
Image: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Dok. Kemenag)

Jakarta - Sejumlah informasi menarik terangkum pada Jumat (8/4) nih, Urbanreaders! Misalkan di antaranya, seluruh moda transportasi mudik dilarang beroperasi, DPR RI sepakat dengan penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud, hingga Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun.

Langsung saja, berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini, guys!

1. Seluruh Moda Transportasi Mudik Dilarang Beroperasi Mulai 6 Hingga 17 Mei

1603947358-1585119190-ilustrasi-mudik-pixabay.jpgIlustrasi. (Pixabay)

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menetapkan larangan bagi seluruh moda transportasi untuk kegiatan mudik Idul Fitri dilarang beroperasi mulai 6 hingga 17 Mei 2021. 

Larangan tersebut merujuk pada ditetapkannya larangan mudik lebaran 2021 dan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri Dalam Rangka Pencegahan COVID-19

"Pengendalian transportasi itu dilakukan melalui larangan penggunaan, operasi sarana dan prasarana untuk semua moda transportasi, yaitu moda darat, laut, udara, dan perkeretaapian yang dimulai 6 hingga 17 Mei 2021," ujar Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati yang dikutip dari kanal YouTube BNPB, Jumat (9/4/2021).

2. DPR Setujui Penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud

1617961824-paripurna-dpr-kementerian.jpgRapat Paripurna DPR RI. (YouTube DPR RI)

Dewan Pimpinan Rakyat (DPR) menyetujui penggabungan antara Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Terdapat dua persetujuan dalam Bamus, pertama adalah penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kemenristek ke Kemendikbud, sehingga menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi.

Kedua adalah menyepakati pembentukan Kementerian Investasi, guna meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

3. Menag Yaqut Sebut Vaksin Sinovac Belum Bisa Jadi Syarat Umrah

1617953487-menag-yaqut.jpgMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Dok. Kemenag)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa vaksin Sinovac belum disetujui oleh pemerintah Arab Saudi dalam menjadi salah satu persyaratan agar para jemaah haji dan umrah bisa masuk ke negara mereka.

Dikatakan Yaqut, vaksin Sinovac belum menerima sertifikasi dari lembaga kesehatan dunia atau WHO. Ia pun menilai meski belum sertifikasi, itu bukan berarti tidak tersertifikasi.

"Vaksinnya itu harus sertifikasi WHO. Jadi sudah disertifikasi WHO. Sementara Sinovac belum," katanya di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Tersertifikasi WHO, Ini 3 Vaksin COVID-19 untuk Syarat Umrah

4. Insiden Perampasan Mahkota di Panggung Mrs Sri Lanka

1617956209-miss-sri-lanka-1-169.pngCaroline Jurie saat merampas paksa mahkota Pushpika De Silva. (YouTube)

Pengumuman pemenang Mrs Sri Lanka 2021 diwarnai sebuah insiden rebutan mahkota di atas panggung. Insiden tak menyenangkan itu terjadi saat siarang langsung di salah satu stasiun televisi.

Kala itu pemenang Mrs World sekaligus Mrs Sri Langka sebelumnya, Caroline Jurie, bertugas memasang mahkota di kepala juara selanjutnya, Pushpika De Silva. Caroline pun telah menyerahkan mahkota tersebut kepada Pusphika.

Namun, tiba-tiba, Caroline kembali naik ke atas panggung dan merampas simbol kemenangan itu dari Pushpika. Dia lalu menyerahkan mahkota tersebut kepada Runner Up.

5. Duke of Edinburgh, Pangeran Philip Meninggal di Usia 99 Tahun

1615974915-Pangeran-Philip.jpgPangeran Philip tertangkap kamera di Tahun 2018. (Foto: ANTARA/REUTERS/Peter Summers/am)

Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris, Duke of Edinburgh, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun. 

Istana Buckingham merilis pernyataan pada pukul 12:00 waktu setempat (21:00 AEST), yang membenarkan bahwa Pangeran Philip meninggal dengan 'damai' pada Jumat (9/4/2021) pagi.

"Dengan kesedihan yang mendalam Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Adipati Edinburgh. Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," bunyi pernyataan itu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait