beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Takut Buah hingga Seafood, Ini 5 Fobia Aneh soal Makanan

Rasya Azzahra, 26 Maret 2022 00.33.19
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Takut Buah hingga Seafood, Ini 5 Fobia Aneh soal Makanan
Image: Ilustrasi fobia makanan (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta – Makan tidak hanya sebuah kebutuhan bagi kebanyakan orang, tetapi juga hal yang menyenangkan karena bisa mencoba setiap jenis makanan lewat kegiatan kuliner. Namun, ternyata tidak semua orang bisa mencicipinya loh akibat alergi atau bisa juga karena fobia.

Kondisi seseorang yang mengidap fobia pada makanan lebih parah dibandingkan alergi, karena hanya melihat atau sekadar mencium aromanya sudah sudah merasa takut, panik, dan gelisah loh. Nah, kira-kira ada fobia makanan apa aja sih yang dirasakan orang-orang tertentu ? 

1. Ichthyophobia

1606291168-seafood-hidangan-laut.jpgSumber: Ilustrasi seafood (Pixabay/shutterbug75)

Seafood menjadi makanan yang disajikan dengan berbagai hidangan laut dan pastinya lezat. Namun, jenis makanan ini ternyata tidak cocok bagi pengidap ichthyophobia. Sekelompok orang-orang ini pasti akan menolak keras untuk mencicipi sajian ikan ataupun seafood tersebut.

Meski ikan dan seafood memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan baik untuk kesehatan, tetapi pengidap fobia ini akan mencari alternatif makanan lain untuk dikonsumsi nih.

2. Consecotaleophobia

1648204676-Makan-dengan-sumpit-(Freepikbublikhaus).jpegSumber: Makan dengan sumpit (Freepik/bublikhaus)

Fobia yang satu ini bisa dibilang cukup asing diketahui banyak orang. Consecotaleophobia terjadi pada sekelompok orang yang takut makan dengan memakai sumpit, sehingga memilih untuk mencari alat makan lain

Jenis fobia ini biasanya terjadi bagi orang-orang yang bukan berasal dari wilayah dengan budaya memakai sumpit nih, sehingga mereka sulit menggunakannya dan memilih menghindari alat tersebut.  

3. Lachanophobia

1619587612-Sayurbox.jpgSumber: Ilustrasi sayur/Freepik by Gpointstudio

Lachanophobia merupakan jenis fobia bagi orang-orang yang takut mengkonsumsi makanan berbahan sayuran. Nah, biasanya fobia ini banyak terjadi di kalangan anak-anak yang dipaksa makan sayur oleh orang tuanya.

Namun, sekelompok orang dewasa hingga orang tua ternyata juga bisa memiliki ketakutan pada sayuran loh. Nah, akibat kurangnya asupan sayuran para pengidap lachanophobia ini  biasanya akan mengalami gangguan kesehatan, contohnya kasus kegemukan.

4. Fructophobia

1635852563-sayur-dan-buah-freepik.jpgSumber: Ilustrasi Sayur dan Buah (Freepik)

Mirip seperti lachanophobia, para fructophobia juga menghindari jenis buah-buahan. Fobia ini sebenarnya bisa dibilang sedikit aneh, karena seperti yang diketahui buah-buahan memiliki rasa dan tampilan yang menarik juga menyehatkan.

Tidak hanya buah-buahan biasa, bahkan produk olahan seperti sirup atau minuman berbahan dasar buah pasti juga akan dihindari oleh mereka.

5. Alliumphobia

1632801136-ilustrasi-bawang-putih.jpgSumber: Ilustrasi bawang putih. (Freepik/Jcomp)

Bawang putih menjadi salah satu fobia yang juga banyak terjadi pada segelintir orang. Biasanya, akibat rasa ketidaksukaannya dengan aroma dan rasa bawang putih atau bisa disebut dengan alliumphobia.

Karena kebenciannya dengan bawang putih, mereka bahkan menganggap bawang putih seperti wabah yang mengerikan. Orang-orang ini akan cemas saat melihat, mencium bahkan menyentuh bawang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait