menu
user
URstyle

5 Cara Memanfaatkan Madu untuk Kecantikan Kulit

Itha Prabandhani,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Memanfaatkan Madu untuk Kecantikan Kulit
Image: Manfaat madu untuk kecantikan (Freepik/preechab)

Jakarta - Urbanreaders pastinya sudah tahu kan, bahwa madu memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit? Madu juga telah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, iritasi, terbakar, dan lainnya. Jika rutin diminum, madu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kamu nggak gampang sakit.

Kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan, yuk simak ulasan yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

1. Pelembap Alami

1616229946-pelembap-alami---freepik.jpgSumber: Madu bisa melembapkan kulit secara alami (Freepik/Freepik)

Madu dapat berperan sebagai emolien atau zat pelembap dan pelembut kulit. Madu akan mengunci kadar air dalam tubuh sehingga membuatnya halus dan terhidrasi. Kalau kamu memiliki kulit yang ekstra kering, cobalah untuk memanfaatkan madu sebagai pelembap alami.

Caranya pun cukup mudah. Ambil 1 sdm madu lalu letakkan pada telapak tangan yang sudah hangat dengan cara digosok-gosokkan. Lalu ratakan ke seluruh wajah atau area yang kering, dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air biasa hingga bersih. Lakukan proses ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lembut dan kenyal.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

1614309319-Pori-pori-wajah.jpegSumber: Ilustrasi Mengecilkan Pori-Pori. (Foto: pixabay/ Andrea Piaquadio)

Madu adalah bahan yang lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati, terutama bila kamu memiliki kulit yang sensitif. Menggunakan madu sebagai bahan eksfoliasi akan membuat kulit kamu lebih halus dan bersih hingga ke pori-pori.

Caranya, ambil 1 sdm madu lalu campurkan dengan 1 sdm baking soda. Gunakan campuran ini sebagai scrub di wajah atau area lain yang bermasalah. Lakukan gerakan memutar selama 3 menit hingga semua kotoran dan sel kulit mati terangkat sempurna. Bilas hingga bersih. Lakukan proses ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

3. Melembutkan Bibir yang Kering dan Pecah-pecah

1588057344-bibir-pixabay.jpegSumber: Ilustrasi bibir. (Pixabay)

Kamu memiliki masalah dengan bibir kering dan pecah-pecah? Jangan khawatir, guys. Cobalah gunakan madu untuk menghaluskannya.

Caranya, ambil 1 sdm madu lalu campurkan dengan 2 sdt gula pasir. Scrub bibir kamu menggunakan campuran ini selama 3 menit, lalu diamkan selama 10 menit. Bersihkan bibir hingga sel-sel kulit matinya terangkat sempurna. Ulangi prosesnya setiap seminggu sekali.

4. Mengatasi Jerawat

1615255537-jerawat-freepik.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik/ user18526052)

Masalah jerawat bisa bikin kepercayaan diri langsung luntur. Selain menggunakan rangkaian produk perawatan kulit, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti madu. Madu mengandung antibakteri, antiinflamasi, dan membantu memberikan efek menenangkan buat kulit yang meradang.

Pertama-tama, bersihkan dulu wajah kamu dengan sabun muka dan air hangat, lalu keringkan. Ambil 2 sdm madu lalu ratakan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit sebagai masker. Cuci bersih wajah kamu hingga tidak terasa lengket. Ulangi prosesnya sampai jerawat kamu kering dan sembuh.

5. Glowing Alami

1609746571-glowing.jpgSumber: Ilustrasi glowing. (Freepik)

Wajah yang glowing dan berseri adalah dambaan banyak cewek. Nah, buat kamu yang bermasalah dengan kulit kusam dan tampak kering, gunakanlah madu sebagai nutrisi alami. Madu juga berfungsi sebagai membuat kulit lebih bersih dan bersinar.

Caranya simpel banget. Ambil 1 sdm madu lalu campurkan dengan 1 sdt air perasan lemon. Oleskan campuran ini secara merata ke seluruh wajah sebagai masker. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Dengan pemakaian teratur seminggu sekali, kamu akan melihat wajah kamu makin glowing dan berseri alami.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait