Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Fungsi dan Manfaat Sarung Tangan Motor saat Berkendara

Anisa Kurniasih,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Fungsi dan Manfaat Sarung Tangan Motor saat Berkendara
Image: Sarung tangan sepeda motor (DWilliam/Pixabay)

Jakarta - Saat mengendarai sepeda motor, helm adalah benda yang tak boleh dilupakan. Namun selain itu, penggunaan sepatu, jaket dan sarung tangan juga penting loh Urbanreaders.

Meski sering dilupakan, tahukah kamu bahwa sarung tangan motor begitu penting terutama untuk keselamatan. 

Lantas, apa sebenarnya manfaat dan fungsi penggunaan sarung tangan ketika berkendara? Berikut ulasannya seperti dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia.

Manfaat

1. Cengkraman (Grip)

Tidak hanya bermanfaat sebagai perlindungan saja, namun manfaat sarung tangan motor lain yaitu sebagai pendukung cengkraman. Beberapa sarung tangan yang sudah dilengkapi dengan karet akan membantu pengendara untuk lebih mudah dalam mencengkram stang. 

Meskipun cuacanya sedang panas, basah, maupun lembab sarung tangan dapat membantumu untuk mencengkram dengan baik. Semakin baik cengkraman ketika berkendara, maka tarikan motor akan lebih empuk sehingga semakin baik pula kontrol sepeda motor kamu.

2. Perlindungan atau Proteksi

Sarung tangan dapat melindungi tangan kamu dari cuaca yang panas maupun dingin. Ketika tidak menggunakan sarung tangan, maka tangan akan terpapar cuaca panas atau dingin secara langsung sehingga hal tersebut dapat mengalihkan konsentrasi ketika berkendara.

Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi pengendara dari benturan atau gesekan. Gesekan yang terjadi antara stang motor dan kulit akan mengakibatkan lecet terutama saat berkeringat. Oleh sebab itu, penting untuk memakai sarung tangan guna mencegah kejadian tersebut.

Berkendara dengan menggunakan sarung tangan juga dapat melindungi tangan Anda dari gesekan yang lain sehingga perjalanan yang dilakukan tetap aman dan nyaman.

1640759658-Komine-indonesiaofficial.jpegSumber: Sarung tangan sepeda motor (Komine_indonesiaofficial/Instagram)

3. Membuat Penampilan Sporty dan Lebih Kece

Sarung tangan juga bermanfaat sebagai penunjang penampilan saat berkendara. Biasanya, pengendara yang menggunakan sarung tangan akan menjadi perhatian dibandingkan dengan pengendara dengan tangan polos. 

Tidak hanya memberikan rasa nyaman, memakai sarung tangan juga akan membuatmu terlihat sporty dan lebih kece loh guys. Bagi beberapa orang, berkendara dengan menggunakan sarung tangan akan menambah rasa percaya diri.

Fungsi:

1640759494-sarung-tangan-MaxxGirr-pixabay.jpgSumber: Sarung tangan sepeda motor (MaxxGirr/Pixabay)

Sarung tangan juga memiliki fungsi yang penting khususnya bagi pengendara motor. Lalu, apa saja fungsinya? Simak fungsi sarung tangan motor bagi para pengendara sebagai berikut.

1. Keselamatan

Fungsi utama dari penggunaan sarung tangan motor saat berkendara yaitu untuk keselamatan. Adanya sarung tangan akan mengurangi benturan atau cedera yang serius bagian tangan ketika terjadi kecelakaan. Penggunaan sarung tangan dapat melindungi kulit dari luka dan cedera.

2. Menjaga Suhu

Fungsi sarung tangan lainnya yaitu untuk menjaga suhu tangan. Sarung tangan akan memberikan kehangatan ketika cuaca sedang dingin yang disebabkan oleh hujan. Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu untuk menghindari hipotermia ketika sedang melewati daerah dingin.

Begitupun dengan musim kemarau. Ketika terik matahari sedang menyengat, sarung tangan akan menjaga suhu tangan ketika berkendara agar tidak terlalu panas dan dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat. Dengan begitu, kamu dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait