Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 14 Januari: Fico Fachriza Narkoba hingga Gempa di Banten

Urbanasia,
3 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 14 Januari: Fico Fachriza Narkoba hingga Gempa di Banten
Image: Komika Fico Fachriza (Instagram @ficofachriza_)

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Jumat (14/1/2022) nih, Urbanreaders! Kabar tersebut di antaranya  Fico Fachriza resmi ditetapkan jadi tersangka kasus penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintesis.

Lalu, ada juga informasi mengenai gempa berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Sumur, Banten pada Jumat sore (14/1/2021) ini.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini.

1. Polisi Tetapkan Fico Sebagai Tersangka Kasus Narkoba Tembakau Sintetis

1642167441-fico-fachriza.jpegSumber: Fico Fachriza ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkotika, Jumat (14/1/2022). (ANTARA)

 Fico Fachriza resmi ditetapkan jadi tersangka kasus penyalahgunaan narkoba jenis tembakau sintesis. Hal itu disampaikan Penyidik Polda Metro Jaya.

"Yang kita amankan  dan sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait tindak pidana penyalahgunaan narkoba ini adalah Fico Fachriza atau FF," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat (14/1/2022).

"Dari keterangan yang bersangkutan bahwa saudara FF ini sudah lama konsumsi narkotika jenis tembakau sintetis sejak tahun 2016," lanjut Zulpan.

Kepada penyidik, komika 27 tahun itu mengaku membeli narkotika jenis tembakau sintesis lewat media sosial. Adapun narkoba tersebut digunakan seorang diri oleh Fico supaya dirinya bisa tidur.

2. Gelar Militer Pangeran Andrew Dicabut karena Kasus Pelecehan Seksual

1642139180-800px-The-Duke-of-York-in-Belfast-(cropped).jpegSumber: Prince Andrew (Flickr/Titanicbelfast)

Setelah dilaporkan atas kasus pelecehan seksual oleh salah satu warga inggris, Virginia Guiffre, gelar-gelar militer milik Pangeran Andrew dicopot oleh Ratu Elizabeth II.

Hal ini membuat Pangeran Andrew akan menghadapi pengadilan sebagai warga negara, bukan sebagai pejabat di Inggris.

"Duke of York akan terus tidak melakukan tugas publik dan membela kasus ini sebagai warga negara," jelas Istana Buckingham yang dikutip dari BBC UK pada Jumat (14/01/2022).

Pangeran Andrew tidak akan lagi menggunakan  gelar 'Yang Mulia' diberbagai kegiatannya seperti  Pangeran Harry dan Meghan.

3. Free Fire Dituding Jiplak PUBG, Garena Digugat Krafton

1632202836-free-fire-garena.jpgSumber: Game Free Fire. (Garena)

 Garena digugat Krafton karena dugaan pelanggaran hak cipta. Pasalnya, Free Fire dan Free Fire Max dituding menjiplak PUBG: Battlegrounds.

"Free Fire dan Free Fire Max menjiplak beberapa aspek dari Battlegrounds, baik secara individu maupun kombinasi, termasuk fitur pembuka unik 'air drop' yang sudah didaftarkan hak ciptanya, struktur game dan permainan, kombinasi dan pilihan senjata, armor, objek unik, lokasi, serta skema warna secara keseluruhan, material, dan tekstur," tulis Krafton.

Pihak Krafton dan PUBG Santa Monica mengajukan gugatan tersebut ke pengadilan federal Amerika Serikat. Google dan Apple pun turut terseret di dalamnya.

4. Dapat Miliaran dari NFT Selfie, Ghozali Everyday Dicolek Ditjen Pajak

1641994949-opensea-ghozali-everyday-(2).pngSumber: Akun OpenSea Ghozali Everyday. (Tangkapan Layar)

Nama Ghozali Ghozalu ramai menjadi perbincangan usai foto-foto selfienya yang diambil selama 5 tahun laku miliaran rupiah di OpenSea atau platform penjualan NFT.

Penghasilan Ghozali yang dianggap fantastis itu lantas menarik perhatian Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan dengan akun terverifikasi @DitjenPajakRI yang mencoleknya lewat Twitter. 

Dalam cuitannya, @DitjenPajakRI mengucapkan selamat atas kesuksesan yang dicapai Ghozali dengan kreativitasnya. Namun tak cuma itu, akun tersebut rupanya juga mengingatkan Ghozali agar membayar pajak lewat sebuah link yang disematkan.

5. Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Banten, Terasa hingga Jakarta

1642158903-gempa-banten.jpegSumber: Kondisi kerusakan rumah warga paska gempabumi M 6,7 di Banten, Jumat (14/1/2022). (BNPB)

Gempa berkekuatan m agnitudo 6,7 mengguncang wilayah Sumur, Banten pada Jumat sore (14/1/2021) ini.

"#Gempa Magnitudo: 6.7, Kedalaman: 10 km, 14 Jan 2022 16:05:41 WIB, Koordinat: 7.01 LS-105.26 BT (52 km BaratDaya SUMUR-BANTEN), Tidak berpotensi tsunami #BMKG," cuit BMKG pada akun resmi Twitternya @infoBMKG.

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa terjadi pukul 16.05 WIB dengan pusat gempa berada pada lintang  7.01 LS dan Bujur 105.26 BT yakni tepatnya 52 km BaratDaya SUMUR-BANTEN dan kedalaman 10 km. 

Getaran gempa ini bahkan terasa hingga kawasan Bogor, Depok dan wilayah DKI Jakarta.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait