Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 12 November: Peresmian Sirkuit Mandalika hingga Ria Ricis Menikah

Urbanasia,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 12 November: Peresmian Sirkuit Mandalika hingga Ria Ricis Menikah
Image: Ria Ricis dan Teuku Ryan. (Instagram @riaricis1795)

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Jumat (12/11/2021) nih, Urbanreaders! Kabar tersebut di antaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

Lalu, ada juga informasi mengenai YouTuber Ria Ricis akhirnya resmi menjadi istri dari Teuku Ryan.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini.

1. Resmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi: Siap Dukung Event Dunia

1636708831-jokowi-mandalika.jpegSumber: Presiden Jokowi saat menjajal langsung lintasan Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). (BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).

Ia mengatakan Sirkuit Mandalika bakal jadi tuan rumah dari ajang balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021 dan MotoGP pada Maret 2022 mendatang.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event dunia. Di mana sebentar lagi ada WSBK dan dilanjutkan pada bulan Maret MotoGP 2022," kata Jokowi dalam pidatonya, seperti dikutip dari Antara.

Tak hanya meresmikan penggunaan Sirkuit Mandalika, apda kesempatan yang sama Jokowi juga meresmikan beroperasinya Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mandalika.

2. Ducati Bantah Komentari Unboxing di Mandalika

1636620586-Kargo-motor-Ducati-Panigale-V4-R-dibuka-secara-ilegal-di-sirkuit-Mandalika-menjelang-WorldSBK-2021-(Tangkapan-layar-situs-Speedweek).jpegSumber: Kargo motor Ducati Panigale V4 R dibuka secara ilegal di sirkuit Mandalika menjelang WorldSBK 2021 (Tangkapan layar situs Speedweek)

Menjelang gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika ada kabar kurang mengenakkan hingga menjadi perbincangan internasional, yakni kargo motor Ducati milik rider pabrikan Michael Rinaldi di-unboxing dan dijadikan konten YouTube. 

Setelah video itu viral, media asing Speedweek yang mengaku mendapat video unboxing tersebut lantas mengabarkan bahwa Direktur Sport Ducati Corse, Paolo Ciabatti marah besar kepada Indonesia.

Kabar itu pun lantas heboh di Indonesia dan sempat menjadi trending topic di lini masa Twitter. Pihak Ducati pun akhirnya memberikan klarifikasi publik melalui Twitter dan Instagram @ducaticorse.

Lewat pernyataan itu, pihak Ducati secara tegas membantah telah mengeluarkan pernyataan terkait insiden unboxing yang juga dijadikan konten di YouTube tersebut. Ducati mengatakan bahwa Paolo Ciabatti sama sekali tidak pernah berkomentar soal peristiwa itu.

3. Polisi Tetapkan 4 Tersangka Baru Kasus CPNS Fiktif Olivia Nathania

1636710915-olivia-daniaty.JPGSumber: Olivia Nathania (berbaju oranye) usai diperiksa sebagai tersangka terkair kasus perekrutan CPNS fiktif di Mapolda Metro Jaya, Kamis (11/11/2021). (Antara)

Kasus penipuan berkedok perekrutan CPNS yang menyeret nama Olivia Nathania atau Oi, anak Nia Daniaty masih terus diusut penyidik Polda Metro Jaya.

Hari ini penyidik pun menetapkan empat tersangka baru, menyusul Oi yang telah ditetapkan sebagai tersangka pada Kamis (11/11/201).

"Ada empat lagi yang hasil gelar sudah kami tetapkan sebagai tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Brigjen Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (12/11/2021).

Empat tersangka itu diantaranya berinisial FM, ES, R, dan SN. Mereka disebut turut membantu dalam tindak pidana penipuan, penggelapan dan pemalsuan dalam kasus rekrutmen CPNS yang dilakukan Oi.

4. MUI Nyatakan Pinjol Haram, Ini 3 Alasannya!

1634884048-Ilustrasi-memberikan-uang-(Pixabay-Raten-Kauf).jpgSumber: Ilustrasi memberikan uang (Pixabay/Raten-Kauf)

Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan aktivitas pinjaman online alias pinjol haram.

Hal itu lantaran pinjol terdapat unsur riba, memberikan ancaman, dan membuka rahasia atau aib seseorang kepada rekan orang yang berutang.

"Layanan pinjaman baik offline maupun online yang mengandung riba, hukumnya haram, kendari dilakukan atas dasar kerelaan," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Soleh di Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Ia juga menyebut jika pada dasarnya pinjam meminjam atau utang piutang merupakan bentuk akad tabarru’ (kebajikan) atas dasar saling tolong menolong yang dianjurkan sejauh tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah.

5. Sah! Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Menikah

1636705843-ria-ricis-dan-teuku-riyan.jpgSumber: Momen akad nikah Ria Ricis dan Teuku Ryan (Tangkapan Layar)

YouTuber Ria Ricis akhirnya resmi menjadi istri dari Teuku Ryan. Keduanya baru saja melangsungkan akad nikah di Hotel InterContinental Pondok Indah, Jakarta Selatan pada siang hari ini, Jumat (12/11/2021).

Akad nikah itu digelar dengan adat Palembang. Acara pun dimulai dengan beberapa prosesi di antaranya penyerahan ponjen adat, kandang adat, penyerahan hantaran hingga gendong anak gendong mantu. Acara pun dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Pada pernikahan Ryan dan Ricis itu, hadir beberapa saksi di antaranya Ridwan Kamil, Ust. Adi Hidayat dan Ust. Yusuf Mansur. Sementara Deddy Mizwar ditunjuk sebagai wali nikah menggantikan paman Ricis.

Ijab kabul pun berjalan dengan lancar. Dengan satu tarikan nafas, Ryan dengan mantab dan lancar mengucapkan ijab kabul.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait