Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 24 Desember: Ketua Umum PBNU hingga Penularan COVID-19 Omicron

Urbanasia,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 24 Desember: Ketua Umum PBNU hingga Penularan COVID-19 Omicron
Image: Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU 2021-2026. (Dok. Humas NU).

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Jumat (24/12/2021) nih, Urbanreaders! Kabar di antaranya, Yahya Cholil Staquf terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2021-2026.

Lalu, ada juga mengenai, Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bakal terapkan aturan Ganjil Genap (Gage) saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), hingga Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebut penularan COVID-19 Omicron lebih cepat dibanding delta.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini!

Baca Selengkapnya: Roundup 23 Desember: Kematian Mbah Minto hingga Pertambahan Kasus Omicron

1. Sah! Yahya Cholil Staquf Terpilih Jadi Ketum PBNU 2021-2026

1640318894-yahya-ketum-nu.jpgYahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU 2021-2026. (Dok. Humas NU).

Yahya Cholil Staquf terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2021-2026. Yahya ditetapkan sebagai Ketum PBNU setelah memenangkan perolehan suara dalam pemilihan langsung Ketum PBNU dalam Sidang Pleno V yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung, Jumat (24/12/2021).

"Kiai Haji Yahya Cholil Staquf ditetapkan sebagai Ketua Umum PBNU masa khidmat 2021," kata Ketua Panitia Pengarah Muktamar Ke-34 NU, Muhammad Nuh selaku pemimpin sidang.

Berdasarkan pemungutan suara yang berlangsung sejak Jumat (24/12/2021) dini hari, ada 548 suara yang masuk dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), dan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU).

Baca Selengkapnya: Sah! Yahya Cholil Staquf Terpilih Jadi Ketum PBNU 2021-2026

2. Pemprov Jatim Bakal Terapkan Ganjil-Genap hingga Random Check Saat Nataru

1637803885-Khofifah-Gub-Jatim.jpegGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (Dok. Humas Pemprov Jatim)

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah untuk membatasi mobilitas masyarakat dan mengantisipasi masuknya virus COVID-19 varian Omicron saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini. Salah satunya yaitu dengan melaksanakan random check atau pemeriksaan acak kepada pelaku perjalanan yang menggunakan moda transportasi umum.

Adapun pemeriksaan acak itu nanti akan dilaksanakan oleh jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim. Petugas akan memeriksa dokumen persyaratan perjalanan, mulai dari kartu vaksin dosis lengkap, hasil negatif rapid antigen, dan penerapan aplikasi peduli lindungi.

“Itu di Terminal Bus, Stasiun Kereta Api, Terminal Penumpang Penyeberangan, Pelabuhan Laut dan di Bandara tetap diberlakukan syarat tersebut,” kata Khofifah seperti dikutip dari keterangan resminya, Jumat (24/12/2021).

Baca Selengkapnya: Pemprov Jatim Bakal Terapkan Ganjil-Genap hingga Random Check Saat Nataru

3. Clubhouse Kenalkan Ikon Baru dan Fitur Simpan Rekaman Ulang

1619165868-Clubhouse.jpgAplikasi Clubhouse Android rilis Mei. (JakubPorzycki//NurPhoto)

Clubhouse mengumumkan fitur terbaru bernama Saved Replays yang memungkinkan para pengguna untuk dapat menyimpan rekaman ulang (Replays) yang ingin mereka dengarkan kembali kapanpun.

"Jadi, jika Anda menelusuri koridor (hallways) dan melihat tayangan ulang yang bagus akan tetapi Anda sedang tidak memiliki waktu untuk mendengarkan saat itu, maka Anda dapat menyimpan dan menikmatinya nanti di waktu luang Anda," jelas Clubhouse.

Untuk dapat menemukan pilihan Saved Replay ini cukup klik menu tiga titik dari koridor (hallways) atau ruangan (room) yang sedang berlangsung.

4. Viral Video Penumpang Buka Pintu Darurat, Pesawat Gagal Terbang

1640320708-WhatsApp-Image-2021-12-24-at-11.05.16.jpegPesawat gagal terbang karena penumpang membuka pintu darurat. (Screenshot Twitter @JowoShitPost)

Belum lama ini, jagat maya dihebohkan dengan video aksi seorang penumpang yang membuka pintu darurat pesawat. Kejadian tersebut dilakukan oleh Kepala Desa Nglebak, Blora, Jawa Tengah yang bernama Sudarto (57) dan menjadi perhatian publik. 

Akibat ketidaktahuannya, pesawat yang ditumpanginya bersama Kades lainnya pun gagal terbang.

Meskipun begitu, terlihat detik-detik Kades Nglebak melakukan aksinya yang terekam oleh salah satu penumpang diunggah melalui akun Twitter @jowoshitpost. Sudarto juga sempat diingatkan penumpang lainnya untuk tidak membuat pintu darurat pesawat yang tepat berada disebelah kursinya.

Baca Selengkapnya: Viral Video Penumpang Buka Pintu Darurat, Pesawat Gagal Terbang

5. Kemenkes Sebut Penularan COVID-19 Omicron Lebih Cepat Dibanding Delta

1640253995-Siti-Nadia-Kemenkes.jpegJuru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi. (Dok. Kemenkes RI).

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyebut penularan varian COVID-19 Omicron lebih cepat tiga kali lipat dibanding varian Delta.

"Risiko penularan di dalam rumah tangga pada Omicron itu lebih tinggi, karena dia memang lebih cepat menular," ujar Nadia dikutip PMJ, Jumat (24/12/2021).

Selain itu, Nadia juga mengungkapkan bahwa varian Omicron merupakan mutasi virus SAR-Cov2 yang juga mampu menyebabkan infeksi ulangan pada orang yang pernah terinfeksi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait