Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 9 Oktober: Demosi Rachmat Widodo hingga Rekor Guinness 'LALISA'

Urbanasia,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 9 Oktober: Demosi Rachmat Widodo hingga Rekor Guinness 'LALISA'
Image: Ilustrasi KDRT. (Pixabay)

Jakarta - Sejumlah informasi menarik terangkum pada Sabtu (9/10/2021) nih, Urbanreaders! Kabar di antaranya, Polri copot jabatan Kombes Rachmat Widodo imbas kasus KDRT.

Selain itu, terdapat juga informasi lainnya seperti, Istana Angkat Bicara soal kasus dugaan pemerkosaan 3 anak di Luwu Timur, hingga Lisa BLACKPINK sabet 2 rekor Guinness World Lewat 'Lalisa'.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini.

1. Buntut Kasus KDRT, Polri Copot Jabatan Kombes Rachmat Widodo

1633692010-Foto-Aurellia-setelah-ditetapkan-menjadi-tersangka-(Sumber-istimewa-Urbanasia).jpegFoto Aurellia setelah ditetapkan menjadi tersangka. (Ist)

Polri menjatuhkan sanksi administratif kepada Kombes Rachmat Widodo usai terseret kasus KDRT dan penganiayaan terhadap anaknya, Aurellia Renatha.

Rachmat dipindahkan ke jabatan yang lebih rendah alias demosi selama setahun akibat pelanggaran etik yang dia lakukan.

"Sanksi bersifat administratif, dipindahtugaskan ke jabatan berbeda yang bersifat demosi selama setahun semenjak dimutasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat (8/9/2021).

Baca Selengkapnya: Buntut Kasus KDRT, Polri Copot Jabatan Kombes Rachmat Widodo

2. Kasus Dugaan Pemerkosaan 3 Anak di Luwu Timur, Istana Angkat Bicara

1630333068-Jokowi.pngJokowi saat Umumkan PPKM Diperpanjang (YouTube/SekretariatPresiden)

Kantor Staf Presiden (KSP) meminta polri membuka kembali proses penyidikan kasus kekerasan seksual yang diduga dilakukan ayah kandung terhadap 3 anaknya di Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mentolerir predator seksual anak.
 
"Peristiwa perkosaan dan kekerasan seksual pada anak sangat melukai nurani dan rasa keadilan masyarakat. Presiden Jokowi sangat tegas dan tidak bisa mentolerir predator seks anak," kata Jaleswari dalam siaran pers, Sabtu (9/10/2021).

Baca Selengkapnya: Kasus Dugaan Pemerkosaan 3 Anak di Luwu Timur, Istana Angkat Bicara

3. 5 Fakta Vaksin Zifivax, Efikasi hingga Efek Samping

1629712262-Kemenkes-Izinkan-Pemberian-Vaksinasi-COVID-19-Pada-Ibu-Hamil.jpegIlustrasi vaksin. (Dok. Kemenkes RI)

BPOM mengeluarkan Izin penggunaan Darurat alias Emergency Use Authorization (UEA) untuk produk vaksin COVID-19 Zifivax.

Kepala Badan Pom RI Penny K Lukito menjelaskan persetujuan EUA diberikan setelah melakukan serangkaian uji pre klinik dan uji klinik untuk menilai keamanan, khasiat, dan imunogenisitas dari vaksin Zifivax.

"Dengan diterbitkan EUA untuk vaksin Zifivax ini Badan POM memberikan persetujuan untuk 10 jenis vaksin COVID-19. Karena itu, kami menyampaikan apresiasi kepada Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin COVID-19 dan ITAGI atas kerja sama yang memungkinkan vaksin ini rilis ke masyarakat," kata Penny dalam konferensi pers, Kamis (7/10/2021).

Baca Selengkapnya: 5 Fakta Vaksin Zifivax, Efikasi hingga Efek Samping

4. Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan: 55 Orang Tewas dan 100 Terluka

1616914363-Ilustrasi-Bom.jpgIlustrasi Bom Bunuh Diri. (Foto: Freepik)

Serangan bom bunuh diri di masjid Syiah di kota Kunduz, Afghanistan yang terjadi pada Jumat (8/10/2021) menewaskan 55 orang.
 
Korban terlihat berserakan di dalam masjid Said Abad, yang digunakan oleh komunitas minoritas Muslim Syiah. Lebih dari 100 orang terluka dalam ledakan di kota utara. 
 
Mengutip Tolo News, pejabat keamanan setempat mengatakan bahwa lebih dari 300 orang sedang menghadiri salat Jumat ketika serangan itu terjadi. Ada kekhawatiran bahwa jumlah korban tewas akan meningkat lebih lanjut.

Baca Selengkapnya: Bom Bunuh Diri di Masjid Afghanistan: 55 Orang Tewas dan 100 Terluka

5. Lisa BLACKPINK Sabet 2 Rekor Guinness World Lewat 'Lalisa'

1631346500-lisa-mv-lalisa.jpgDebut solo Lisa di MV LALISA. (YouTube BLACKPINK)

Lisa BLACKPINK lisa meraih dua Guinness World Records lewat debut solonya. Melalui media sosialnya, Guinness World Records mengumumkan bahwa mereka resmi mengakui dua rekor yang dibuat 'LALISA', Sabtu (9/10/2021).
 
Seperti dikonfirmasi YouTube sebelumnya, single debut Lisa memecahkan rekor dunia sebagai video musik artis solo yang paling banyak dilihat dalam waktu 24 jam.
 
Video musik LALISA ditonton lebih dari 73,6 juta kali dalam 24 jam pertama setelah dirilis. Jumlah itu mengungguli rekor sebelumnya yang dipegang 'ME' milik Taylor Swift. Video klip yang dirilis dua tahun silam itu menarik 65,2 juta penonton.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait